Apakah Anda memiliki target usia pensiun? Kalau sudah, sejauh apa langkah yang telah Anda tempuh untuk mempersiapkan masa pensiun nanti? Tidak bisa dipungkiri bahwa masa produktif seseorang tidak akan berlangsung selamanya, pasti akan terhenti di titik tertentu. Ketika Anda sudah berada pada masa itu, maka tawaran pensiun tidak akan terelakkan lagi. Usia produktif seseorang akan berhenti pada 55 tahun. Setelah itu, biasanya produktivitas akan menurun.

Jika Anda ingin tetap menikmati masa tua dengan gaya hidup seperti saat ini, berarti Anda harus segera mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin. Karena tidak mungkin kita yang tanpa penghasilan dapat tetap menikmati gaya hidup yang sekarang, saat masih produktif. Saat mempersiapkan dana pensiun, setidaknya Anda harus mempersiapkan biaya hidup untuk 10 hingga 15 tahun setelah memasuki usia pensiun. Misalnya, Anda berencana pensiun pada usia 55 tahun, maka Anda harus menyiapkan biaya hidup hingga usia menginjak 70 tahun.

Bagi seorang pegawai negeri dan pekerja lainnya yang memperoleh dana pensiun dari perusahaan, lembaga, atau institusi tempat ia bekerja mungkin lebih terjamin biaya hidupnya setelah tidak bekerja. Namun, bagi Anda yang berprofesi sebagai pengusaha atau pegawai swasta yang tidak memperoleh dana pensiun, tentu harus mempersiapkan sendiri dana pensiun untuk kebahagiaan masa tua. Mengingat pentingnya dana pensiun untuk melanjutkan hidup, tidak ada salahnya mempersiapkan sejak dini. Berikut beberapa tips dalam mempersiapkan biaya pensiun Anda.

1. Pastikan Anda memiliki rencana pensiun yang matang

Salah satu penyebab orang tidak siap menghadapi pensiun adalah kurangnya persiapan sejak usia muda. Anda perlu menyiapkan rencana pensiun sejak masih dalam usia produktif. Anda dapat memulai rencana pensiun dengan membuat sebuah estimasi jumlah dana yang dibutuhkan saat pensiun nanti, tentu hal ini dengan mempertimbangkan gaya hidup Anda saat ini dan juga dampak inflasi. Selain itu Anda bisa memperkirakan rencana investasi yang bisa dihitung berdasarkan dari jauh sebelum usia pensiun Anda.

2. Buat tabungan khusus

Untuk mendapatkan keamanan finansial saat pensiun, mulailah membuat tabungan pensiun dari sekarang. Pisahkan tabungan untuk keperluan belanja bulanan dan persiapan dana darurat dengan tabungan untuk persediaan dana pensiun. Anda dapat menyisihkan kurang lebih 10% dari penghasilan untuk hal ini atau sesuaikan dengan kebutuhan lainnya. Untuk menghindari besarnya bunga yang dibebankan pada tabungan jangka panjang, ada baiknya lakukan survei terlebih dahulu ke beberapa lembaga keuangan. Selain itu, bisa juga meminta pendapat dari kerabat yang juga memanfaatkan tabungan sebagai dana pensiun.

3. Segera daftar sebagai peserta DPLK

Dana Pensiun Lembaga Keuangan atau yang disingkat dengan DPLK ialah salah satu program keuangan untuk masyarakat yang ingin memiliki dana pensiun. Prinsipnya relatif sama dengan tabungan berjangka, di mana dana yang Anda tanam tidak bisa dicairkan sebelum tiba masanya. Pencairan dana ini pada umumnya terdiri atas beberapa pilihan, jumlahnya bisa sama seperti penghasilan saat bekerja, dibagi rata-rata per bulan, atau bahkan seluruhnya.

4. Mulai berinvestasi

Investasi merupakan salah satu pintu peluang dalam mempersiapkan dana pensiun. Beberapa pilihan investasi yang bisa dilakukan adalah investasi bangunan, properti, obligasi, deposito, saham, dan lain sebagainya. Namun, Anda harus pandai dalam memilih bentuk investasi yang tepat dan menyesuaikannya dengan kondisi keuangan. Jangan sampai niat investasi Anda mengacaukan kondisi finansial Anda sekarang atau malah menimbulkan utang.

Jika Anda memiliki modal cukup besar, Anda dapat berinvestasi besar-besaran seperti pada bisnis properti. Berbeda dengan yang hanya bergaji 3 sampai 5 juta per bulan, tentu investasi semacam itu akan relatif sulit karena membutuhkan modal yang cukup besar. Menyimpan dana pensiun dalam bentuk investasi yang mendukung seperti deposito atau surat berharga akan membantu karena dapat dicairkan sewaktu-waktu dengan modal sedang atau rendah. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Buat Anda yang ingin mulai mencicil dana masa tua, Anda juga dapat mencoba reksa dana sebagai pilihan investasi.

Itulah beberapa tips yang bisa direncanakan dan dilakukan sejak usia produktif dalam mempersiapkan biaya pensiun Anda. Pastikan rencana pensiun Anda dapat tetap memenuhi standar gaya hidup Anda ketika sudah memasuki usia pensiun nanti. Anda juga dapat merencanakan dana pensiun Anda dengan Sun Life. Hubungi perencana keuangan kami, dan kami akan siap membantu mendampingi Anda mencapai rencana masa depan.