Pertanyaan yang Sering Diajukan

frequently-asked-questions-sun-life-indonesia

Apa itu asuransi/polis asuransi?

Kontrak legal di mana individu menerima perlindungan keuangan dari perusahan asuransi terhadap risiko yang tidak terduga. 

Apa itu premi asuransi?

Premi asuransi adalah biaya yang dibayarkan terkait polis asuransi Anda untuk perlindungan asuransi. Jumlah, durasi, dan jarak waktu pembayaran premi asuransi tergantung pada polis asuransi Anda. 

Apa itu asuransi jiwa?

Kontrak legal di mana perusahaan asuransi akan  membayar sejumlah uang kepada penerima manfaat  ketika pemegang polis asuransi meninggal dunia. Pemegang polis asuransi wajib membayar premi polis asuransi ketika masih hidup

Apa itu bancassurance?

Sun Life Indonesia bekerja sama dengan bank yang memudahkan Anda untuk membeli produk asuransi melalui bank. Hal Ini memberi Anda kenyamanan karena semua layanan keuangan Anda tersedia dari satu pihak. 

Apa itu takaful/asuransi syariah?

Asuransi takaful adalah polis asuransi yang preminya ditanggung oleh sekelompok pemegang polis yang akan memberikan kontribusi kepada reksa dana (Tabarru). Setiap kontribusi tergantung pada pemegang polis berdasarkan cakupan perlindungan dan kondisi pribadi.  

Apa itu asuransi kesehatan dan medis?

Asuransi medis disebut juga asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan memberikan cakupan perlindungan untuk biaya rawat inap dan kecelakaan. Cakupan perlindungan akan bergantung pada polis asuransi Anda. Silakan hubungi penasihat keuangan Anda untuk penjelasan lebih lengkap. 

Apa itu perusahaan asuransi?

Perusahaan asuransi menawarkan solusi keuangan dan kebijakan yang memberikan perlindungan keuangan terhadap risiko yang tidak terduga. 

Apa perbedaan antara asuransi syariah dan asuransi konvensional?

Asuransi syariah didasarkan pada reksa dana (Tabarru), di mana sebagian dari kontribusi yang dibayarkan oleh peserta diperlakukan sebagai sumbangan. Asuransi konvensional memiliki premi yang dibayar oleh pemegang polis saja. 

Apa itu asuransi pendidikan?

Polis asuransi pendidikan dirancang untuk membantu merencanakan dana yang dibutuhkan untuk pendidikan bagi anak-anak. 

Apa itu klaim asuransi?

Permintaan resmi dari pemegang polis kepada perusahaan asuransi untuk mengganti kerugian yang ditanggung. 

Apa itu pinjaman polis dalam asuransi?

Disebut juga sebagai "pinjaman asuransi jiwa", pinjaman tersebut menggunakan nilai tunai dari pemegang polis asuransi jiwa sebagai jaminan. 

Apa itu asuransi all risk?

All Risks adalah jenis pertanggungan asuransi yang menjamin segala risiko yang tidak dihilangkan secara eksplisit. 

Apa tujuan utama asuransi?

Asuransi mengantisipasi ketidakpastian keuangan dengan membayar biaya (premi) tertentu sebagai perlindungan jika terjadi kerugian yang tidak terduga. 

Apa itu agen asuransi?

Agen asuransi merepresentasikan perusahaan asuransi dan menjual polis asuransi atas nama perusahaan. Untuk 

Apa itu pemegang polis asuransi?

Pemegang polis asuransi adalah orang yang membeli polis asuransi. Orang tersebut memegang kendali atas polis asuransi. 

Apa itu unit link dalam asuransi?

Polis yang terkait dengan investasi menggunakan sebagian dari premi Anda untuk membeli unit dalam dana investasi. 

Apa itu penyakit kritis?

Daftar lengkap penyakit kritis yang tercakup dalam polis kami dapat ditemukan di sini  

Apa saja yang ditanggung oleh asuransi penyakit kritis?

Polis asuransi penyakit kritis memberikan manfaat yang dibayarkan sekaligus dalam satu waktu (lump sum) untuk keadaan darurat medis dari penyakit kritis. Daftar lengkap penyakit kritis yang ditanggung dapat ditemukan di sini Manfaat lump sum akan tergantung pada polis yang dimiliki. Silakan hubungi kami di sini untuk mempelajari lebih lanjut, dan paket mana yang paling sesuai untuk Anda.

Apa itu asuransi tambahan (rider) dalam asuransi?

Asuransi tambahan (rider) dimasukkan ke polis asuransi yang sudah ada dan dapat menambahkan manfaat atau mengubah persyaratan.

Opsi/metode apa yang dapat saya gunakan untuk membayar premi?

Jika Anda membeli premi lewat penasihat keuangan kami, Anda dapat membayar melalui:

1. Akun Virtual

2. Alfamart

3. BRILink

 

Jika Anda membeli produk melalui bank dan saluran lain, Anda dapat membayar melalui:

1. Teller bank

2. ATM

3. Perbankan Internet

Untuk detail tentang bagaimana Anda dapat menggunakan setiap metode pembayaran, silakan lihat halaman pembayaran kami di sini atau hubungi penasihat keuangan Anda.

Apakah saya dapat mengirimkan polis kepada orang lain?

Untuk mengubah informasi polis asuransi, Anda memiliki pilihan untuk menghubungi penasihat keuangan Anda atau salah satu petugas layanan nasabah kami untuk aplikasi yang diperlukan. 

Anda perlu mengunduh dan mengisi formulir yang sesuai, yang dapat ditemukan di sini 

Apa yang harus saya lakukan apabila polis saya hilang?

Jika Anda kehilangan dokumen polis asuransi, harap segera memberi tahu penasihat keuangan Anda atau hubungi kami di sini segera. 

Anda juga diharuskan untuk membuat pernyataan tentang kehilangan tersebut. Setelah Anda menghubungi kami, kami akan memberi Anda formulir yang akan membantu Anda membuat pernyataan.

Bagaimana saya mengganti informasi pada polis asuransi saya?

Untuk mengubah informasi polis asuransi, Anda memiliki pilihan untuk menghubungi penasihat keuangan Anda atau salah satu petugas layanan nasabah kami untuk aplikasi yang diperlukan. 

Anda perlu untuk mengunduh dan mengisi formulir yang sesuai yang dapat diunduh di sini

Bagaimana saya mengajukan klaim?

Untuk mengajukan klaim, Anda perlu menghubungi pusat layanan nasabah kami di 1 500 786 atau email di  SLI_care@sunlife.com . Atau, Anda bisa menghubungi pusat layanan nasabah kami di sini 

Anda harus memiliki formulir klaim yang relevan yang dapat ditemukan di sini

Untuk menjamin kelancaran proses:

- Jawab semua pertanyaan secara jujur dan akurat dalam Formulir Permohonan Asuransi Jiwa.

- Pastikan polis Anda selalu aktif (tidak lapse).

- Selalu bayar premi sebelum jatuh tempo.

- Baca dan pahami jenis asuransi yang Anda miliki.

- Ketahui berapa jumlah uang pertanggungan yang bisa Anda terima.

- Periksa kembali apakah informasi yang ada dalam formulir klaim telah diisi dengan benar.

- Pastikan semua materi pendukung yang diperlukan untuk pengajuan klaim seperti rekam medis, hasil pemeriksaan laboratorium, fotokopi KTP, fotokopi buku tabungan, dll, telah tersedia. 

- Periksa kembali semua dokumen sebelum Anda mengirimkannya.

Berapa lama waktu klaim?

Proses klaim tergantung pada polis dan dokumen. Anda dapat memeriksa status klaim melalui portal nasabah di sini atau aplikasi My Sun Life (tersedia di App Store dan Play Store)

Apa saja faktor yang perlu saya pertimbangkan saat mengganti polis asuransi yang sudah ada?

Kami sangat menyarankan Anda untuk mempertimbangkan dengan hati-hati potensi kerugian dari penggantian polis asuransi yang ada, terutama bila menyangkut perlindungan seumur hidup. Beberapa pertanyaan untuk diajukan:

• Akankah polis asuransi baru memberi Anda tingkat pengembalian dan nilai jaminan yang sama dengan polis asuransi yang sudah ada?

• Apakah Anda akan mendapatkan perlindungan berkelanjutan dari polis asuransi baru (karena beberapa polis baru memiliki masa tunggu)?

• Apakah penggantian akan dikenakan biaya tambahan?

• Apakah kebijakan baru memerlukan pemeriksaan medis tambahan atau kenaikan premi?

Apa yang harus saya lakukan setelah menerima polis asuransi?

Ketika Anda menerima dokumen polis asuransi, Anda harus:

Baca konten dan ketentuan dengan cermat, dan segera ajukan pertanyaan apa pun kepada kami;

Simpan dokumen polis di tempat yang aman karena ketika terjadi klaim, Anda wajib menyerahkan semua dokumen terkait polis kepada kami;

Beri tahu anggota keluarga bahwa Anda diasuransikan dan di mana Anda menyimpan dokumen polis.

Faktor apa saja yang akan Sun Life pertimbangkan ketika saya mengajukan polis asuransi dan premi polisnya?

Kami akan mempertimbangkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, riwayat kesehatan, dan kondisi keuangan saat Anda mengajukan permohonan polis asuransi. Ini juga diperhitungkan untuk premi asuransi Anda. Untuk keterangan lengkap, silakan hubungi kami di sini atau penasihat keuangan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan merujuk ke daftar istilah kami di sini

Hubungi perencana keuangan untuk pertemuan virtual hari ini!

*Wajib diisi

Apakah Anda

Kami akan segera menghubungi Anda. Silakan tinggalkan detail Anda di bawah ini.