Press releases

Juni 11, 2020

Penerapan Digital Enterprise di Sun Life Terus Berkembang, Siap Menyongsong Kelaziman Baru

Sun Life Indonesia luncurkan Sun Connect, Solusi berasuransi baru

Jakarta, 11 Juni 2020 – Sejak 2019, dalam menghadapi tantangan masa depan sejalan dengan perkembangan teknologi digital, Sun Life secara organisasi di Asia telah menerapkan model bisnis digital enterprise yang bertujuan untuk membawa bisnis lebih dekat dengan teknologi guna memberikan solusi inovatif dengan cepat kepada para pemangku kepentingan, khususnya nasabah. Di tahun 2020 ini, Sun Life telah memanfaatkan teknologi untuk terus berkembang, guna menyongsong kelaziman baru. Pandemi yang masih terus berlangsung hingga saat sekarang, telah mengubah peradaban, dari kultur lama menuju era baru yang belum pernah dibayangkan sebelumnya. Tak ayal, kebutuhan akan proteksi termasuk asuransi di tengah masyarakat kian penting. Diperlukan komitmen perusahaan untuk merespon apa yang menjadi kebutuhan masyarakat akan layanan proteksi berbasis teknologi. Untuk mempertegas komitmen tersebut, secara resmi hari ini PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life Indonesia”) meluncurkan Sun Connect, sebuah solusi berasuransi baru yang memaksimalkan penggunaan teknologi.

Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Indonesia menyatakan “Sejak lama, Sun Life telah berfokus pada teknologi dalam mendukung produktivitas karyawan dan tenaga pemasar, sekaligus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah melalui pengolahan data yang tepat. Transformasi digital yang telah dilakukan, membuat perusahaan lebih siap dalam menyongsong era kelaziman baru. Selain menghadirkan rangkaian produk yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, Sun Life juga berkomitmen untuk #SLaluMendampingi dan memberikan solusi berasuransi kepada pada stakeholder-nya. Sun Connect menjadi salah satu solusi teranyar yang kami hadirkan, untuk menjembatani kebutuhan nasabah akan proteksi jiwa dan kesehatan, membantu agen dalam melakukan pemasaran secara virtual, serta menjadi stimulus ekonomi agar dapat terus berjalan”. 

Sejak kasus Covid-19 pertama muncul di Indonesia pada Maret lalu, kondisi ekonomi Indonesia mengalami perlambatan yang signifikan. Kondisi ini terjadi akibat dari perpaduan gejolak pada aspek kesehatan yang merembet ke sektor ekonomi, karena sebagian besar aktivitas yang terhenti demi mencegah penyebaran Covid-19. Dampaknya menghantam berbagai bidang ekonomi, mulai dari indeks bursa saham yang melemah, nilai tukar rupiah yang sempat terpuruk, bisnis yang operasionalnya terhambat dan mengalami kerugian besar, hingga para pekerja yang secara langsung terdampak dari situasi ini.

“Studi terbaru dari Unversitas Harvard mengatakan bahwa penerapan social distancing perlu dilakukan setidaknya hingga 2022 mendatang. Di periode ini, kondisi ekonomi diperkirakan belum akan stabil. Artinya, masyarakat akan terus diliputi kecemasan dan kekhawatiran, mulai dari khawatir terpapar virus, khawatir terjadi risiko pada kehidupannya, khawatir krisis ekonomi, khawatir kehilangan pekerjaan, dan khawatir stabilitas ekonomi terguncang. Kesadaran dan kebutuhan akan perlindungan asuransi pun menjadi sebuah kewajaran. Hal ini sejalan dengan 100 prediksi New Normal Life After Covid-19 yang kami susun, yang salah satunya menyimpulkan bahwa asuransi menjadi kebutuhan yang tak terelakan di tengah masyarakat di tatanan baru ini. Di sisi lain, dibutuhkan inovasi dan kesiapan dari pihak industri untuk mampu memenuhi kebutuhan tersebut, sekaligus menghadirkan cara berasuransi baru, dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan nasabah dan para tenaga pemasar. Sebuah transformasi model bisnis berbasis digital, yang mampu mendukung produktivitas, sekaligus selaras dengan perubahan kebutuhan dan perilaku konsumen yang ada saat ini," jelas Yuswohady, Pengamat Konsumen dan Pakar Marketing.

“Bukan hanya dari sisi infrastruktur dan teknologi, kami juga mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten, serta mengedukasi para tenaga pemasar agar dapat menjalani setiap proses pemasaran virtual secara maksimal. Kehadiran Sun Connect memberikan pengalaman baru dalam berasuransi, mendekatkan yang jauh, di mana jarak tidak lagi menjadi hambatan dengan mengutamakan prinsip keamanan, kenyamanan dan kemudahan, khususnya bagi nasabah dan para tenaga pemasar kami,” ujar Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Indonesia.  Inisiatif ini sejalan dengan kebijakan Otoritas Jasa Keuangan mengenai tata cara baru penjualan unit link atau produk asuransi yang memungkinkan penjualan produk unit link secara virtual, atau melalui digital. Relaksasi ini diberikan sebagai upaya menjaga kinerja dan stabilitas industri asuransi di Indonesia.

Kini, para tenaga pemasar dapat memanfaatkan media komunikasi seperti video call atau video conference untuk berkomunikasi dan memasarkan produk Sun Life kepada nasabah. Berbagai dokumen pendukung pun dapat dilampirkan secara online, untuk kemudian disahkan menggunakan surat pernyataan nasabah serta rekaman video dan audio .

“Selain berusaha untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya proteksi dan asuransi, berbagai inovasi yang kami hadirkan juga berpangkal pada keinginan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan layanan dan perlindungan terbaik. Di tengah pandemi ini, komitmen untuk #SLaluMendampingi menjadi hal yang prioritas, dengan mengusung semangat positif, agar bersama-sama kita siap memasuki kelaziman baru dengan perencanaan keuangan dan proteksi yang lebih baik,” pungkas Elin.

 

Tentang Sun Life Financial Indonesia

Sun Life Financial Indonesia merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sun Life Financial. Kami menawarkan berbagai perlindungan dan pengelolaan produk yang variatif, dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan rencana pensiun. Sun Life bermitra institusi keuangan terkemuka, baik nasional maupun internasional, untuk melayani strategi multi-distribution channels dan menyediakan akses yang lebih luas untuk solusi asuransi kami.

Sun Life Financial Indonesia telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi pada tahun 2019 di antaranya:

  1. The Best Unit Link 2019 - Salam Balanced Fund untuk kategori Mixed Fund for 7 Years Period dari Majalah Investor
  2. Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia, Elin Waty, terpilih sebagai Most Inspiring Women dari Majalah Globe Asia
  3. Aplikasi My Sun Life Indonesia meraih penghargaan Top 3 Most User Friendly & Satisfying Application dari Majalah Gatra
  4. Penghargaan Contact Center Service Excellence Award 2019 - Call Center untuk kategori Life & Health Insurance yang diselenggarakan oleh Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (“Carre CCSL”) dan Majalah Service Excellence
  5. Penghargaan Contact Center Service Excellence Award 2019 - Customer Service Email Centers untuk kategori Insurance yang diselenggarakan oleh Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (“Carre CCSL”) dan Majalah Service Excellence
  6. Five Star (Sangat Bagus) Rating untuk SLFI Xtra Progressive Fund for 10 Years Period dari Majalah Infobank
  7. First Rank Infobank Digital Brand Awards 2019 untuk kategori Conventional Life Insurance Gross Premium Rp2.5 Trillion - under Rp5 Trillion dari Majalah Infobank
  8. Indonesia Most Admired Companies (IMACO) Award 2019: Pilihan Generasi Milenial dari Majalah Warta Ekonomi
  9. Silver Stevie Awards for Innovation in Human Resource Management, Planning & Practice dari Asia Pacific Stevie Awards
  10. Top Unit Link 2019; Category: Insurance - Anugerah Produk Keuangan Terbaik 2019 dari Majalah Warta Ekonomi
  11. Best Insurance Awards 2019 - Category Life Insurance with Asset Above IDR10 Trillion - IDR25 Trillion dari Majalah Investor
  12. The Highest Profit Growing Insurance Companies 2019 dari Majalah Infobank
  13. Best Financial Performance for Insurance Company with Assets Between Rp10-15 Trillion dan TOP 5 Financial Performances for Insurance Company with Assets Below Rp500 Billion dari Wartaekonomi.co.id
  14. The 2nd Rank Insurance Companies pada Indonesia Best Companies in Creating Leaders from Within 2019 yang diselenggarakan Majalah SWA
  15. Employer of The Year (Bronze Winner) yang diselenggarakan Human Resources Excellence Awards 2019
  16. Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia, Elin Waty, terpilih sebagai Most Admired CEO 2019: Excellent Leadership for Accelerating Business Performance dari Wartaekonomi.co.id

Tentang Sun Life

SLF Inc. merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk asuransi, serta solusi pengelolaan kekayaan dan aset, baik untuk individu maupun korporasi. Sun Life telah beroperasi di sejumlah pasar utama di seluruh dunia, yaitu Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Cina, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Bermuda. Per 31 Maret 2020, Sun Life memiliki total aset kelolaan sebesar AUM 1.023 miliar. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.sunlife.com

Sun Life Financial Inc. diperdagangkan di bursa saham Toronto (TSX), New York (NYSE), dan Filipina (PSE), dengan kode saham SLF.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Shierly Ge

Chief Marketing Officer
Sun Life Financial Indonesia
Tel: +6221-5289-0000
Faks: +6221 5289-0019
E-mail: shierly.ge@sunlife.com