Siaran pers

Juni 04, 2018

Sun Life Financial Indonesia Bantu Peningkatan Literasi Keuangan melalui Kampanye Komunikasi #LebihBaik Sekarang

  •  Indeks literasi asuransi di Indonesia pada 2016 baru mencapai 15,76% – OJK 2017
  • Kampanye komunikasi Sun Life Financial Indonesia #LebihBaik Sekarang, mengajak masyarakat Indonesia untuk tidak lagi menunda dalam melakukan perencanaan keuangan yang tepat, demi mencapai kemapanan finansial
  •  Sun Life Financial Indonesia luncurkan video web series bertajuk ‘Keluarga Surya’, dengan episode perdana THR Lebaran


JAKARTA, 31 Mei 2018 – Mengecap pendidikan tertinggi, mendapat pelayanan kesehatan terbaik, dan mencapai kemapanan finansial adalah mimpi setiap orang, baik untuk pribadi ataupun keluarga. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum memiliki pemahaman terkait pengelolaan keuangan, khususnya proteksi dan investasi, sehingga memilih untuk menunda melakukan perencanaan keuangan untuk kenyamanan masa depan.

Terbukti, data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2017 menunjukkan bahwa indeks literasi asuransi di Indonesia masih menjadi tantangan terbesar bagi industri asuransi jiwa. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada 2016 menunjukkan masyarakat Indonesia yang memiliki tingkat literasi ‘baik’ terhadap industri asuransi relatif rendah. Indeks literasi asuransi hanya mencapai 15,76%, turun dari survei pada 2013 yaitu 17,84%. Sementara itu, tingkat utilitas mencapai 12,08%, tidak berubah jauh dari survei 2013 di angka 11,81%. Artinya, dari 100 orang Indonesia hanya 15 sampai 16 orang yang mengenal lembaga jasa keuangan asuransi dan hanya 12 orang yang sudah menggunakan jasa asuransi. Kondisi ini mendorong PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) untuk terus giat mengedukasi masyarakat, khususnya keluarga Indonesia tentang pentingnya mencapai kemapanan finansial, salah satunya melalui kampanye komunikasi #LebihBaik Sekarang yang hari ini resmi diluncurkan.

“Selama 23 tahun beroperasi di Indonesia, Sun Life telah mendampingi keluarga Indonesia dalam mewujudkan aspirasi masa depan yang mereka impikan. Tentunya kami ingin semakin banyak masyarakat yang juga merasakan manfaat dari perencanaan keuangan yang cermat untuk mencapai kemapanan finansial. Melalui kampanye #LebihBaik Sekarang, Sun Life mengajak masyarakat Indonesia untuk tidak lagi menunda dalam melakukan perencanaan yang tepat, demi meraih kualitas kesehatan, pendidikan, dan keuangan yang lebih baik untuk diri sendiri dan keluarga,” ujar Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia.

Dibekali pengalaman panjang dan kompetensi di industri asuransi dan finansial, Sun Life memahami literasi keuangan masyarakat dan pengelolaan keuangan bagi setiap keluarga Indonesia merupakan hal yang sangat penting, karena keluarga merupakan salah satu pilar perekonomian bangsa. Selain itu, sebagai unit terkecil dari masyarakat, keluarga memiliki fungsi untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai baik pada individu, salah satunya terkait pengelolaan dan perencanaan keuangan.

Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M. Sc, Sosiolog sekaligus guru besar FISIP Universitas Indonesia explained, menjelaskan, “Nilai atau values yang dianut individu, memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan seseorang, termasuk dalam melakukan perencanaan keuangan. Sistem nilai yang dianut individu akan menentukan sikap dan perilaku terhadap sesuatu, tak terkecuali dalam perencanaan finansial. Pengaruh budaya, agama, dan lingkungan menjadi faktor dalam terbentuknya sistem nilai dalam diri seseorang. Sebagai lingkungan sosial yang pertama dikenal individu, pengenalan nilai pertama kali diterima dari keluarga. Terkait pengelolaan keuangan, sikap dan perilaku yang diterapkan generasi saat ini belum bergerak jauh dari generasi sebelumnya, meski terjadi pergeseran pada peruntukan dan tujuan dari perencanaan keuangan itu sendiri.”

Membandingkan generasi saat ini dengan generasi sebelumnya, keluarga muda saat ini cenderung senang menabung untuk tujuan jangka pendek dan enggan untuk berinvestasi jangka panjang1. Padahal, dengan memahami dan mulai melakukan pengelolaan keuangan yang tepat, generasi ini tetap dapat menikmati gaya hidup masa kini tanpa mengabaikan kenyamanan hidup di masa datang.

“Menyadari perlunya melakukan upaya yang terus menerus dalam memberikan edukasi terkait finansial, memacu kami untuk berpikir kreatif dan beradaptasi dengan zaman dalam membekali pemahaman keuangan yang memadai kepada masyarakat luas khususnya generasi dan keluarga muda Indonesia. Kami mempersembahkan video web series bertajuk ‘Keluarga Surya’ sebagai sarana edukasi literasi keuangan yang dapat dengan mudah diakses masyarakat luas dalam konten visual digital dan mengusung genre komedi situasi yang sarat akan makna,” jelas Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia.

Video web series ini berkisah tentang kehidupan sebuah keluarga modern dengan berbagai isu sehari-hari, mulai dari pengelolaan Tunjangan Hari Raya (THR), perencanaan pendidikan keluarga hingga pentingnya menerapkan pola hidup sehat. Berdurasi sekitar 5 menit setiap episodenya, melalui 8 kisah Keluarga Surya, Sun Life ingin menyampaikan pesan pada keluarga muda Indonesia tentang pentingnya perencanaan keuangan, pentingnya pola hidup sehat dan penetapan strategi untuk masa depan lebih baik. Diperankan oleh aktor dan aktris muda bertalenta yaitu Edo Borne sebagai Ayah Surya, Karina Nadila sebagai Ibu Mentari, Bima Azriel sebagai Fajar dan Sandrinna Michelle sebagai Cahaya - rangkaian kisah ‘Keluarga Surya’ dapat disaksikan melalui kanal resmi YouTube Sun Life Financial Indonesia (Sun Life Financial ID).

“Harapan kami melalui kampanye #LebihBaik Sekarang, serta muatan pesan yang disampaikan melalui video web series ‘Keluarga Surya’, semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk memulai perencanaan keuangan sejak dini, hingga akhirnya terbentuk masyarakat Indonesia yang cerdas dan mapan secara finansial serta menjalani hidup yang lebih sehat,” tutup Elin.  


1Survei ORC International 2016

--00--

 Tentang Sun Life Financial Indonesia

Sun Life Financial Indonesia merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sun Life Financial. Kami menawarkan berbagai perlindungan dan pengelolaan produk yang variatif, dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan rencana pensiun. Sun Life bermitra institusi keuangan terkemuka, baik nasional maupun internasional, untuk melayani strategi multi-distribution channels dan menyediakan akses yang lebih luas untuk solusi asuransi kami.

Sun Life Financial Indonesia telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi pada tahun 2017 diantaranya:

1. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan Best Takaful Family Provider Indonesia 2017dalam acara Global Banking & Finance Awards 2017 yang diselenggarakan oleh Global Business Outlook
2. PT Sun Life Financial Indonesia dianugerahi penghargaan Excellent Service Experience Award (ESEA) 2017 untuk kategori Life & Health Insurance yang diselenggarakan oleh Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (“Carre CCSL”) dan Majalah Service Excellence.
3. PT Sun Life Financial Indonesia menerima penghargaan Predikat Bintang Lima atas Kinerja Unit Link Jenis Campuran tahun 2012 – 2016 untuk Salam Balanced Fund dalam Unit Link Awards 2017 dari Majalah Infobank
4. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan HR Asia Best Company to Work For in Asia 2017 Awards dari HR Asia Media International.
5. PT Sun Life Financial Indonesia menerima penghargaan Indonesia Most Admired Company – Special Mention Life Insurance dari Majalah Warta Ekonomi.
6. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan HRD Employer of Choice as the Top Performer award dalam kategori Learning & Development.
7. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan Best Financial Performance Life Insurance Company untuk kategori Assets between IDR 6-10 trillion dalam Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2017 dari Majalah Warta Ekonomi.
8. PT Sun Life Financial Indonesia menerima penghargaan Best e-Mark Award 2017 sebagai The 1st winner Category Life Insurance Company in Indonesia from SWA Magazine.
9. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan Special Mention sebagai The Innovative CEO in Insurance Sector dalam Most Admired CEO 2017 dari Majalah Warta Ekonomi.
10. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan The Most Popular Company – Category Life Insurance dari Majalah Warta Ekonomi
11. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan The Most Informative Insurance Company Campaign dari Majalah Warta Ekonomi


Tentang Sun Life Financial
Sun Life Financial merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk asuransi, serta solusi pengelolaan kekayaan dan aset, baik untuk individu maupun korporasi. Sun Life Financial telah beroperasi di sejumlah pasar utama di seluruh dunia, yaitu Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Cina, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Bermuda. Per 31 Maret 2018, Sun Life Financial memiliki total aset kelolaan sebesar CDN 979 miliar. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.sunlife.com.

Sun Life Financial Inc. diperdagangkan di bursa saham Toronto (TSX), New York (NYSE), dan Filipina (PSE), dengan kode saham SLF.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Shierly Ge
Chief Marketing Officer
Sun Life Financial Indonesia
Tel: +6221-5289-0000
Faks: +6221 5289-0019
E-mail: shierly.ge@sunlife.com