Siaran pers

Juli 18, 2022

Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan, Sun Life Indonesia Selenggarakan Rangkaian Program 3R di 15 Kota

BANDUNG, 18 Juli 2022 – Dalam rangka mempertegas komitmennya untuk memperluas pemerataan akses terhadap proteksi kesehatan di Indonesia sekaligus menciptakan peluang usaha khususnya di tengah situasi yang penuh tantangan akibat pandemi, Sun Life Indonesia menyelenggarakan rangkaian program literasi dan inklusi keuangan bertajuk 3R yang diadakan di Bandung pada 18-19 Juli 2022 dan secara bertahap di belasan kota besar lainnya di Indonesia hingga Agustus 2022.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2022, jumlah pengangguran yang kehilangan pekerjaan karena Covid-19 sejak Februari 2020 sebanyak lebih dari 960 ribu orang dan hampir 90% di antaranya berasal dari kelompok usia produktif, yakni 15-44 tahun. Berangkat dari fakta tersebut, tidak hanya untuk mengedukasi lebih dalam mengenai pentingnya literasi dan inklusi keuangan serta solusi perlindungan yang dihadirkan oleh Sun Life Indonesia, melalui program ini juga masyarakat memiliki kesempatan untuk bergabung dan berbisnis bersama Sun Life Indonesia sebagai tenaga pemasar di bidang asuransi dan memiliki sumber pendapatan tambahan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup.

Norman Nugraha, Chief Sharia Business Sun Life Indonesia mengatakan, “Kami memahami pandemi yang kita hadapi selama lebih dari 2 tahun ini telah berdampak pada berbagai aspek kehidupan jutaan orang di Indonesia, salah satunya ialah generasi produktif yang kehilangan sumber pendapatan akibat pemutusan hubungan kerja atau kerugian usaha. Untuk itu, sejalan dengan komitmen Sun Life Indonesia untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi jutaan keluarga dengan mencapai kemapanan finansial dan menjalani hidup yang lebih sehat, kami ingin memaksimalkan peran kami dengan menghadirkan rangkaian program 3R tersebut dan mengajak masyarakat yang terdampak untuk bergabung sebagai tenaga pemasar asuransi dan melihat kesempatan ini sebagai peluang usaha.”

Selama dua hari tersebut, para peserta dapat mendaftarkan diri dan bergabung sebagai tenaga pemasar asuransi melalui program rekrutmen (recruit), mengaktifkan kembali status keanggotaan bagi tenaga pemasar yang berstatus rehat (reactivate), dan mempelajari strategi bisnis untuk mencapai kinerja terbaik dan menjadi pemimpin melalui pembekalan materi serta literasi keuangan bertemakan “Cuan Cepat Setelah Pandemi” dari para profesional dan tokoh masyarakat setempat (reposition).

“Berbisnis sebagai tenaga pemasar asuransi di Sun Life Indonesia merupakan peluang usaha yang patut dipertimbangkan karena tidak membutuhkan modal besar dan minim risiko, serta berkelanjutan karena bisnisnya dapat diwariskan ke generasi berikutnya secara turun temurun. Selain itu, tenaga pemasar memiliki waktu kerja yang fleksibel dan berkesempatan memiliki jumlah pendapatan yang tidak terbatas. Kami berharap rangkaian program ini juga dapat menjangkau dan menginspirasi ribuan orang untuk bergabung dengan aliansi asuransi Sun Life Indonesia,” tambah Norman.

Rangkaian program 3R ini pertama kali diresmikan di Singaraja dan Denpasar, Bali pada 11-14 Juli 2022 yang lalu dan berhasil menarik perhatian masyarakat Bali. Menyusul kesuksesannya di Bali, program tersebut juga akan segera diadakan di kota-kota besar lainnya di Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Solo, Malang, Pekanbaru, Makassar, Palembang, Medan, Samosir, Manado, dan Sumbawa secara bertahap.

Sun Life Indonesia saat ini memiliki ribuan tenaga pemasar profesional dan puluhan Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) secara nasional. Hingga 31 Maret 2022, jumlah tenaga pemasar yang tergabung di Sun Life Indonesia sebanyak 8.035 tenaga pemasar yang terdiri dari 6.037 tenaga pemasar konvensional dan 1.998 tenaga pemasar syariah. Sementara itu, terdapat sebanyak 98 KPM Sun Life yang tersebar di seluruh Indonesia dan terbagi dari 70 KPM Konvensional dan 28 KPM Syariah.

“Selama 27 tahun hadir di tengah-tengah keluarga Indonesia, tenaga pemasar memegang peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan bisnis Sun Life Indonesia. Tidak hanya menjadi kunci dari perwujudan strategi bisnis jalur multi distribusi yang kami terapkan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis, tetapi tenaga pemasar juga berperan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya memiliki proteksi dan perencanaan keuangan untuk masa depan sedini mungkin. Kami berharap melalui kesuksesan program ini, Sun Life Indonesia dapat menjadi mitra tepercaya bagi jutaan keluarga Indonesia untuk mencapai kemapanan finansial serta menjalani hidup yang lebih sehat,” tutup Norman.

 

*****

Tentang Sun Life

Sun Life merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan produk pengelolaan aset, kekayaan, asuransi, dan solusi kesehatan, baik untuk individu maupun korporasi. Sun Life telah beroperasi di sejumlah pasar utama di seluruh dunia, termasuk Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Cina, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Bermuda. Per 31 Maret 2022, Sun Life memiliki total aset kelolaan sebesar CAD 1,35 triliun. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.sunlife.com.

Sun Life Financial Inc. diperdagangkan di bursa saham Toronto (TSX), New York (NYSE), dan Filipina (PSE), dengan kode saham SLF.

Peringkat Kekuatan Finansial*

Standard & Poor’s : AA – per 31 Januari 2022

Moody’s                         : Aa3 – per 31 Januari 2022

A.M. Best                        : A+ – per 31 Januari 2022

DBRS                             : AA – per 31 Januari 2022

Tentang PT Sun Life Financial Indonesia

Sun Life Indonesia merupakan anak usaha yang dimiliki oleh Sun Life. Sun Life Indonesia menawarkan aneka produk perlindungan dan pengelolaan kekayaan, mulai dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, hingga perencanaan pensiun. Sun Life Indonesia bermitra dengan lembaga keuangan nasional dan multi nasional yang terkemuka untuk menjalankan strategi yang tersebar melalui berbagai jalur dan menyediakan akses yang lebih luas untuk solusi asuransi. Per 31 Maret 2022, distribusi keagenan konvensional Sun Life didukung oleh lebih dari 6.037 tenaga pemasar dan 70 kantor pemasar mandiri konvensional yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara untuk distribusi keagenan syariah, per 31 Maret 2022, Sun Life memiliki lebih dari 1.998 tenaga pemasar untuk agency syariah dengan 28 kantor pemasaran kantor mandiri syariah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Per 31 Maret 2022, tingkat Risk Based Capital (RBC) Sun Life Indonesia adalah 400% (konvensional) dan RBC Syariah Sun Life Indonesia sebesar 120%, memenuhi dari persyaratan minimum pemerintah yaitu 120% dengan total aset Sun Life Indonesia sebesar Rp15,4 triliun.**

Sun Life Indonesia telah memenangkan berbagai penghargaan bergengsi pada tahun 2022 sebagai berikut:

1.     Unit Link Terbaik 2022 – Unit Link Awards 2022:​

a.     Brilliance Xtra Progressive​ – Campuran Periode 5 Tahun

b.     Brilliance Xtra Progressive​ – Campuran Periode 7 Tahun​

2.     The Most Innovative Life Insurance for The Development Insurance Business & Digital Service – Indonesia Digital Innovation Awards 2022​

3.     The Best Sharia Unit Life Insurance – 2nd Indonesia Syariah Awards 2022​

4.     Indonesia Best Sharia Finance 2022 with Outstanding Company Business Segmentation Development – Kategori: Sharia Business Unit of Life Insurance​

5.     Unitlink Terbaik 2022 – Unitlink Award 2022 Media Asuransi:​

a.     High Yield Income Fund​

b.     Sun Life Money Market Fund

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.sunlife.co.id

* Seluruh rating kekuatan finansial ditujukan untuk Sun Life Assurance Company of Canada (per 31 Januari 2022)

**Sudah diaudit

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Shierly Ge

Chief Marketing Officer

Sun Life Indonesia

Tel: +6221-5289-0000

Faks: +6221-5289-0019

E-mail: shierly.ge@sunlife.com

PT Sun Life Financial Indonesia terdaftar dan diawasi oleh OJK.