Meniti karier

Oktober 27, 2017

Begini cara menarik perhatian atasan

Saatnya menangkan hati atasan tanpa terkesan cari muka.

Seberapa besar pengaruh atasan Anda terhadap kehidupan Anda di tempat kerja? Sebagian besar dari Anda mungkin menjawab, sangat besar. Suka atau tidak, atasan Anda memang memiliki andil dalam kemajuan karier Anda.

Menyenangkan hati atasan agar ia menyukai Anda memang sudah menjadi aspek yang cukup penting dalam kehidupan kantor. Bukan berarti Anda harus menjadi karyawan yang suka mencari muka dan menjilat atasan, tetapi Anda dapat memenangkan hati atasan Anda dengan cara yang elegan, yaitu membuat mereka mempertimbangkan kemampuan Anda di setiap kesempatan.

Sebenarnya untuk mendapatkan hati atasan, maupun rekan kerja Anda, ada kunci utama: berbuat baik dan saling menghormati. Jika Anda melakukannya dengan tulus, atasan dan rekan kerja Anda juga pasti dapat membedakan kebaikan Anda dengan sekadar “cari muka”. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan perhatian atasan Anda.

Pahami cara kerja atasan Anda

Perhatikan kebiasaan bos Anda dalam bekerja. Misalnya, kalau atasan Anda lebih suka membahas pekerjaan melalui email, Anda tidak perlu repot-repot mendatangi dia secara langsung untuk membicarakan tentang suatu masalah dalam pekerjaan Anda. Tapi sebaliknya, kalau dia lebih suka bertatap muka secara langsung, jangan bahas pekerjaan melalui email yang panjang lebar.

Sadari suasana

Di dalam lingkungan kerja, Anda memang harus menghormati atasan Anda. Namun, bagaimana jika Anda bertemu atasan Anda di luar lingkungan kerja? Saat berada di luar lingkungan kerja dengan atasan Anda, obrolan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan seperti soal keluarga, hobi, atau hal lain akan menarik atasan Anda. Membawa-bawa pekerjaan ke tempat yang tidak semestinya seperti tempat rekreasi dan bersantai justru akan menciptakan suasana yang tidak enak. Ingat, atasan Anda tetaplah manusia biasa yang pastinya menginginkan waktu bersantai tanpa dicampuri urusan pekerjaan.

Hubungi perencana keuangan kami

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Bagaimana kami dapat menghubungi Anda?

       

      Artikel terkait