Membangun keluarga

7 cara bahagiakan orangtua

Membahagiakan orangtua tak perlu rumit, simak cara-caranya!

Saat seorang anak mulai beranjak dewasa, ia mulai menyadari bahwa ia memiliki tanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Biasanya mereka akan sibuk membuktikan dirinya sebagai manusia dewasa dengan menyelesaikan studi di jenjang tertentu atau sibuk meniti karier dan bekerja hampir sepanjang waktu. Beberapa di antaranya bahkan mulai melupakan orang-orang yang menghabiskan hidupnya untuk membangun hidup anaknya; orangtua mereka.

Sebenarnya sebagian besar orangtua mengakui bahwa mereka tidak mengharapkan banyak hal dari anak-anaknya. Membahagiakan orang tua tak memerlukan hal-hal yang rumit, kok. Pada dasarnya mereka sudah menyayangi Anda sepenuh hati, jadi hal sederhana yang Anda lakukan untuk mereka pun sudah membuat mereka merasa diperhatikan. Tidak ada batasan mengenai apa saja yang perlu diberikan pada orangtua Anda, tetapi mengingat begitu banyak hal yang mereka berikan pada Anda saat kecil, mungkin beberapa hal ini dapat membantu untuk membuat orang tua bahagia.

1. Jaga komunikasi

Menjaga komunikasi tidak harus dilakukan dengan menemui orangtua Anda setiap hari. Hal tersebut mungkin berat untuk seseorang yang tinggal berjauhan dengan orangtuanya karena merantau. Di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, Anda memiliki banyak pilihan untuk berkomunikasi dengan orangtua. Anda dapat menjaga komunikasi lewat SMS atau Whatsapp, obrolan singkat lewat telepon tiap beberapa hari sekali, atau melakukan video call. Yang pasti, jangan hanya menghubungi orang tua ketika Anda butuh bantuan mereka, ya.

2. Jadi pendengar yang baik

Ingat ketika Anda masih kecil, betapa senangnya ketika melihat hal baru lalu menceritakannya berulang-ulang pada orangtua Anda? Menyenangkan bukan jika ada yang mau mendengarkan. Kadang-kadang orangtua Anda hanya membutuhkan seseorang untuk jadi tempat curhat, baik tentang peliharaan tetangga baru yang suka bikin kotor halaman rumah orang tua, kucing kampung yang belakangan sering mampir ke rumah mereka atau tentang pompa rumah yang rusak. Anda mungkin tidak selalu bisa memberikan solusi untuk masalah mereka, tetapi mendengarkan dengan sepenuh hati saja sudah cukup bagi orangtua Anda.

3. Melakukan suatu aktivitas bersama

Sesekali luangkan waktu untuk melakukan aktivitas kesukaan bersama orangtua Anda, misalnya berkebun, memancing, atau memasak. Sesekali mengajak ibu Anda untuk memanjakan diri di spa seharian juga ide yang bagus.

4. Ingat hari-hari penting

Saat kecil, orangtua Anda tak pernah melupakan hari ulang tahun Anda. Setelah Anda dewasa, jangan sampai Anda melupakan hari ulang tahun orangtua Anda atau hari jadi pernikahan mereka. Ucapan ulang tahun dan doa yang tulus akan membuat mereka senang.

5. Kejutan yang menyenangkan

Tak perlu tunggu hari Ibu atau hari ulang tahun untuk memberikan hadiah kepada orangtua Anda. Rayakan hal sekecil apapun sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih Anda kepada orangtua Anda. Berikan hadiah kejutan di saat-saat yang tidak terduga, buat orangtua Anda merasa bahwa Anda selalu memikirkan mereka. Hadiah yang Anda berikan juga tidak perlu berupa barang mewah dengan harga selangit. Peralatan memasak untuk ibu yang suka memasak atau buku yang bagus untuk ayah yang suka membaca adalah kejutan menyenangkan yang membuat mereka merasa diperhatikan.

6. Hormati orangtua

Tidak peduli berapapun umur kita, orangtua akan selalu memperlakukan kita sebagai anak mereka. Jadi jangan heran kalau terkadang orangtua Anda masih suka menasihati Anda dengan cara yang sama seperti mereka menasihati Anda saat kecil. Mungkin akan terasa seperti ‘menggurui’, namun Anda mempunyai kewajiban untuk tetap menghormati mereka. Jika cara pandang mereka berbeda dengan Anda, hindari kata-kata kasar ataupun ungkapan yang dapat memicu pertengkaran dengan orangtua Anda.

7. “I Love You”

Tak ada cara yang lebih baik untuk membuat orang tua berbahagia selain menunjukkan kasih sayang Anda pada mereka. Kapan terakhir kali Anda mengungkapkan perasaan Anda secara langsung pada orangtua Anda? Ungkapan sayang tak cuma berupa kata-kata saja, lho, bisa juga berupa pelukan hangat atau pijatan lembut untuk meringankan rasa lelah mereka.

Hubungi perencana keuangan kami

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Bagaimana kami dapat menghubungi Anda?

       

      Artikel terkait