Berita & peristiwa

Juli 28, 2021

Sun Life Memberikan Tambahan Pertanggungan Akibat COVID-19

Seiring dengan komitmen Perusahaan untuk selalu mengedepankan kepentingan nasabah dan mendukung kebijakan pemerintah terhadap penanganan COVID-19, maka kami sampaikan kebijakan perluasan manfaat pertanggungan akibat COVID-19 untuk Isolasi Mandiri dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Kebijakan ini berlaku untuk seluruh tertanggung asuransi kesehatan untuk produk Sun Medical Platinum, Sun Medical Platinum Syariah, Sun Medical Executive, Sun Medical Executive Syariah, Sun Medical Care, Sun Healthcare Solution dan Sun Healthcare Solution Syariah (#SalamAnugerahSehat).
  • Nasabah dapat melakukan klaim reimbursement atas biaya pemeriksaan dan pengobatan jika melakukan isolasi mandiri di rumah maupun fasilitas bukan-rumah sakit.
  • Fasilitas bukan-rumah sakit yang digunakan adalah fasilitas yang ditunjuk Pemerintah maupun Rumah Sakit.
  • Biaya kamar yang timbul di fasilitas bukan-rumah sakit akan dibayarkan sesuai dengan plan yang dimiliki atau senilai batas harga kamar yang dimiliki oleh nasabah, jika ada kelebihan biaya kamar maka kelebihan tersebut ditanggung oleh nasabah. Sementara itu, biaya pengobatan dan biaya konsultasi tidak akan dikenakan prorata.
  • Biaya pemeriksaan dan pengobatan yang ditanggung adalah biaya yang timbul maksimal 14 (empat belas) hari kalender sejak tanggal pertama kali pemeriksaan swab PCR COVID-19 positif. Satu kali konsultasi dokter di Rumah Sakit yang merujuk pemeriksaan swab PCR dengan hasil positif juga dijamin dalam campaign ini.
  • Konsultasi dokter (di rumah sakit, dan/atau layanan Teleconsultation berbasis aplikasi) selama isolasi mandiri yang dijamin dalam campaign ini adalah maksimal 3 (tiga) kali konsultasi. Konsultasi dokter di praktek pribadi, klinik, atau apotik tidak dijamin.
  • Semua biaya yang timbul dari isolasi mandiri COVID-19 akan mengurangi limit tahunan nasabah.
  • Kebijakan atas penggantian perawatan dan pengobatan selama isolasi mandiri ini tidak termasuk biaya sebelum maupun sesudah isolasi mandiri. 
  • Kebijakan ini tidak berlaku untuk pengajuan Klaim Santunan Rawat Inap harian.

 

Syarat dan ketentuan dokumen yang wajib dilampirkan saat pengajuan klaim reimbursement terkait dengan isolasi mandiri, adalah sebagai berikut: 

  • Form Surat Keterangan Dokter dari Rumah Sakit/Puskesmas yang menjelaskan gejala, hasil pemeriksaan fisik, disertai hasil uji Swab PCR yang menunjukan positif COVID-19.  
  • Surat rujukan Dokter Rumah Sakit/Puskesmas untuk melakukan isolasi dan perkiraan lama isolasi yang dibutuhkan sejak tanggal penegakan diagnosa positif COVID-19.
  • Surat pengantar isolasi mandiri dari Rumah Sakit atau Pemerintah (Puskesmas) dan perkiraan lama isolasi yang dibutuhkan sejak tanggal penegakan diagnosa positif COVID-19 jika melakukan isolasi mandiri selain di rumah .
  • Hasil pemeriksaan Swab PCR serta hasil pemeriksaan diagnostik  lainnya (maksimum 2x pemeriksaan) berupa print out (baik berupa salinan maupun asli) yang dikeluarkan oleh instansi resmi yang mencantumkan nama tertanggung.
  • Surat pengantar atau rujukan untuk pemeriksaan diagnostic selama ISOMAN harus dikeluarkan oleh Dokter dari Rumah Sakit/ Puskesmas.
  • Kuitansi asli untuk biaya Dokter dan resep Dokter dari Rumah Sakit/Puskesmas (maksimal 3x konsultasi selama isolasi mandiri).
  • Kuitansi asli dari apotek dengan obat-obatan dan vitamin yang diresepkan oleh Dokter dari Rumah Sakit/ Puskesmas yang berkaitan dengan pengobatan COVID-19.
  • Kuitansi asli fasilitas non Rumah Sakit yang ditunjuk oleh Rumah Sakit atau Pemerintah (Puskesmas) dengan harga yang setara dengan biaya kamar dan dianggap wajar oleh Penanggung.
  • Kuitansi atau bukti pembayaran konsultasi kesehatan dengan Dokter dan pembelian obat bila dilakukan melalui teleconsultation berbasis aplikasi (maksimum 3x konsultasi selama isolasi mandiri) .
  • Total maksimal konsultasi Dokter mencakup konsultasi secara tatap muka maupun teleconsultation adalah 3x selama isolasi mandiri.

 

Hal-hal Penting Lainnya:

  • Ketentuan lain yang tidak disebutkan mengacu pada Ketentuan Polis yang berlaku, termasuk ketentuan mengenai perawatan yang dilakukan harus diperlukan secara medis dengan biaya yang wajar.
  • Ketentuan di atas berlaku untuk perawatan/isolasi mandiri yang terjadi dalam kurun waktu sejak ketentuan ini dikeluarkan sampai dengan tanggal periode yang diinformasikan diatas.
  • Penanggung berhak mengubah syarat dan ketentuan di atas termasuk periode campaign sewaktu – waktu dan akan diberitahukan sebelumnya.