Panduan praktis

Melindungi keuangan dari krisis kesehatan

Penyakit bukan hanya mengancam kesehatan Anda, tetapi juga keuangan. Lakukan hal-hal berikut untuk melindungi keuangan Anda dan keluarga.

Penyakit bukan hanya akan mengancam kesehatan Anda, tetapi juga dapat mengancam keuangan Anda. Ada konsekuensi finansial yang berkaitan dengan kondisi kesehatan Anda. Sejauh ini, tidak peduli seberapa baik Anda merawat diri sendiri, mungkin suatu hari Anda mendapat kabar buruk dari dokter.

Saat ini, sistem kesehatan di beberapa negara, termasuk Indonesia, telah menyediakan kemudahan dalam hal biaya pengobatan bagi pemegang asuransi kesehatan atau BPJS. Namun, Anda tentu tahu bahwa tidak semua biaya yang timbul dari penyakit dapat ditutupi oleh asuransi kesehatan dari pemerintah.

Penyakit dapat memengaruhi kesehatan finansial dan juga kesehatan fisik Anda. Tapi tentu Anda selalu dapat mempersiapkan rencana asuransi kesehatan seperti asuransi penyakit kritis yang akan membantu menutupi biaya tak terduga.

Mari kita cari tahu hal apa saja yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri dan keluarga Anda.

Antisipasi biaya pengobatan dengan asuransi penyakit kritis

Salah satu masalah besar ketika menghadapi penyakit adalah kemunculannya yang mungkin mengejutkan Anda, membuat Anda rentan terhadap biaya tambahan akibat stres. Meski beberapa masalah bersifat sementara, yang lain dapat membebani Anda dengan kebutuhan jangka panjang.

Jika Anda cukup beruntung memiliki asuransi kesehatan di tempat kerja, asuransi kesehatan tambahan biasanya dapat menutupi biaya perawatan, layanan dan pengobatan tertentu, yang terkadang dikenai batas tahunan atau seumur hidup. Ada pula asuransi penyakit kritis dengan pendekatan yang lebih luas untuk membantu Anda mengelola biaya yang terkait dengan penyakit yang mengubah hidup. Jika Anda menderita penyakit kritis yang tercakup dalam polis Anda, asuransi bisa memberikan pembayaran tunai secara sekaligus yang langsung dapat Anda gunakan.

Asuransi penyakit kritis juga dapat menjadi alternatif sumber pendapatan bila Anda memiliki arus kas yang tenang. Jika, misalnya, penyakit yang dicakup oleh polis Anda memaksa Anda untuk berhenti bekerja, cakupan kecacatan jangka pendek atau jangka panjang Anda mungkin hanya menggantikan sebagian dari penghasilan Anda. Setelah Anda menyelesaikan masa tunggu yang dipersyaratkan, Anda dapat menggunakan pembayaran asuransi untuk membantu mengganti penghasilan Anda yang hilang.

Selain itu, dana tersebut dapat membantu membayar biaya pengobatan, peralatan, perjalanan, persediaan, dan biaya yang tidak tercakup dalam asuransi standar.

Mulai Perencanaan Sekarang

Kapan waktu yang terbaik untuk mempersiapkan asuransi kesehatan? Saat ini! Lebih baik memulai lebih awal daripada terlambat. Waktu yang terbaik untuk memikirkan perlindungan terhadap diri dan keluarga Anda dari risiko finansial akibat penyakit serius adalah sekarang—saat Anda masih sehat. Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai jenis asuransi yang Anda butuhkan dan mulai menyusun perencanaan keuangan Anda.

Anda juga dapat menemui penasihat keuangan untuk merencanakan hal ini. Penasihat keuangan dapat membantu Anda menemukan pilihan asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Produk terkait

Asuransi Sun Critical Medicare

Asuransi Sun Critical Medicare

Periode: 100 tahun
  • Premi terjangkau
  • Proteksi komprehensif
Asuransi Sun Critical Medicare
Asuransi X-Tra Flexi – Tropical Plus

Asuransi X-Tra Flexi – Tropical Plus (CIMB Niaga)

Periode: 65 tahun
  • Manfaat rawat inap
  • Manfaat rawat intensif
Asuransi X-Tra Flexi – Tropical Plus (CIMB Niaga)
Asuransi Prime Shield

Asuransi Prime Shield (Nobu Bank)

Periode: 55 tahun
  • 4 manfaat proteksi
  • Manfaat tidak ada klaim
  • Premi terjangkau
Asuransi Prime Shield (Nobu Bank)

Hubungi perencana keuangan kami

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Bagaimana kami dapat menghubungi Anda?