Panduan praktis

Asuransi untuk melindungi dan membangun kekayaan Anda

Asuransi tidak hanya melindungi kekayaan Anda, tetapi juga dapat membantu mengembangkannya lebih jauh.

Cakupan asuransi yang dipilih secara seksama tidak hanya dapat membantu melindungi kekayaan Anda, tetapi juga dapat membantu Anda membangun kekayaan lebih jauh.

Bagi investor, asuransi adalah alat penting yang dapat membantu melindungi dan membangun apa yang telah dikerjakan. Bagi banyak investor, tantangannya adalah mencari tahu jenis asuransi apa yang dapat dibeli di antara berbagai produk asuransi yang tersedia.

Beberapa investor tidak percaya bahwa mereka memerlukan asuransi tambahan sampai mereka memahami manfaat dari asuransi seperti perencanaan pajak yang efisien dan kemudahan transfer aset.

Ada 3 bidang utama asuransi yang harus dipertimbangkan untuk melindungi dan membangun kekayaan Anda: jiwa, tunjangan hidup, dan produk dana terpisah.

Asuransi jiwa

Ada 2 tipe utama asuransi jiwa: berjangka dan permanen.

Asuransi berjangka, seperti namanya, bersifat sementara. Seringkali berkisar antara 10 sampai 30 tahun, dengan pilihan untuk pembaruan atau konversi saat jangka waktunya berakhir. Seorang pemilik bisnis mungkin akan membeli asuransi jangka waktu 20 tahun jika dia berencana untuk pensiun dalam 2 dekade.

Asuransi permanen, seperti namanya, untuk seumur hidup dan, selain memberikan manfaat kematian, sering digunakan untuk perencanaan pajak atau untuk membersihkan sisa kewajiban saat kematian. Selama Anda membayar premi Anda, manfaat kematian itu berlaku sampai Anda meninggal dunia.

Tunjangan hidup

Manfaat hidup mencakup asuransi cacat, asuransi penyakit kritis, dan asuransi perawatan jangka panjang—yang memberi Anda keuntungan saat Anda masih hidup.

Asuransi cacat mencakup dukungan ketika Anda sakit atau cidera yang menyebabkan Anda tidak dapat bekerja.

Asuransi ini akan menggantikan sebagian dari pendapatan Anda yang hilang saat Anda pulih. Asuransi penyakit kritis mencakup berbagai penyakit, seperti kanker, serangan jantung, atau stroke. Setelah masa tunggu yang ditentukan, Anda dapat menerima uang pertanggungan. Hal ini memberikan lebih banyak pilihan finansial yang fleksibel untuk membantu Anda fokus pada pemulihan.

Sedangkan asuransi perawatan jangka panjang akan sangat membantu jika di kemudian hari Anda secara fisik atau mental bergantung pada orang lain untuk perawatan. Anda dapat menggunakannya untuk membayar perawatan di rumah Anda atau di fasilitas perawatan pilihan Anda.

Disarankan juga untuk membeli asuransi jiwa dengan cakupan manfaat hidup melebihi apa yang mungkin Anda terima dari kantor Anda. Risiko terbesar dari hanya mengandalkan manfaat asuransi yang diberikan oleh perusahaan tempat Anda bekerja adalah jika Anda tidak lagi bekerja untuk perusahaan itu, yang berarti Anda tidak dapat lagi menikmati manfaat tersebut.

Hal ini sangat penting karena di masa sekarang kita cenderung lebih sering berganti pekerjaan dibanding di masa lalu. Bisa jadi Anda justru pindah ke perusahaan yang menyediakan lebih sedikit cakupan perlindungan asuransi atau memutuskan untuk menjadi wiraswasta.

Produk dana terpisah

Produk dana terpisah bisa dibilang sama dengan reksadana, termasuk potensi pertumbuhan dengan eksposur terhadap kelas aset yang berbeda. Hal yang membedakannya dengan reksadana adalah produk dana terpisah memberikan manfaat kontrak asuransi dan hanya tersedia melalui perusahaan asuransi.

Produk dana terpisah biasanya menawarkan jaminan kematian sebesar 75% atau 100% dari deposit. Produk ini merupakan pilihan tepat jika Anda khawatir dengan pertumbuhan, perlindungan, dan fleksibilitas. Seperti banyak produk asuransi, produk dana terpisah dapat membantu Anda melindungi aset yang telah Anda kumpulkan selama ini.


Produk terkait

Asuransi Prime Care

Asuransi Prime Care (BCA)

Periode: 65 tahun
  • Manfaat meninggal dunia
  • Khusus kartu kredit BCA
Asuransi Prime Care (BCA)
Asuransi X-Tra Flexi – Tropical Plus

Asuransi X-Tra Flexi – Tropical Plus (CIMB Niaga)

Periode: 65 tahun
  • Manfaat rawat inap
  • Manfaat rawat intensif
Asuransi X-Tra Flexi – Tropical Plus (CIMB Niaga)
Asuransi Prime Shield

Asuransi Prime Shield (Nobu Bank)

Periode: 55 tahun
  • 4 manfaat proteksi
  • Manfaat tidak ada klaim
  • Premi terjangkau
Asuransi Prime Shield (Nobu Bank)

Hubungi perencana keuangan kami

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Bagaimana kami dapat menghubungi Anda?