Mempersiapkan hari tua

Investasi dan manfaat jangka panjang

Memanfaatkan investasi untuk mewujudkan rencana-rencana dalam hidup.

Anda pasti memiliki berbagai rencana dalam hidup. Bukan hanya rencana jangka pendek seperti akan memakai celana warna apa esok hari atau akan makan pasta saat malam hari, tapi juga rencana jangka panjang seperti akan menghabiskan masa pensiun di mana. Jika Anda pikir rencana-rencana tersebut mudah direalisasikan, keep going with it! Hanya saja, agar rencana tersebut dapat berjalan dengan lancar, Anda pun harus menyiapkan sejumlah rencana pendukung. Anda dapat mengambil langkah untuk mengantisipasi jika tiba-tiba ada hal tak terduga datang menjadi tembok penghalang rencana-rencana tersebut.

Anda pastinya sering bertemu masalah yang datang tanpa diundang, seperti kecelakaan, sakit, dan masalah-masalah lainnya. Akhirnya, rencana yang sudah Anda susun pun jadi terganggu. Lalu bagaimanakah caranya Anda bisa berdamai dengan masalah-masalah yang sering muncul secara tiba-tiba? Salah satu solusinya adalah dengan mulai menabung atau berinvestasi sehingga bisa menyokong Anda secara finansial ketika hal tak terduga datang menghampiri. Selain dapat membantu meringankan beban saat hal-hal tidak terduga datang, investasi pun dapat memberikan berbagai manfaat seperti:

1. Mendorong untuk hidup hemat

Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian adalah peribahasa yang tepat untuk menggambarkan manfaat dari investasi, seperti halnya asuransi jiwa. Ketika mendaftarkan diri ke program asuransi jiwa, maka Anda perlu membayarkan premi yang sesuai dengan nominal yang telah disepakati sebelumnya.

Membayar premi memang terkesan membebani biaya hidup sehari-hari yang harus dipotong secara rutin. Namun, jika dilihat dari sisi lain, membayarkan premi adalah salah satu cara agar Anda bisa memiliki kehidupan yang cerah di kemudian hari. Seperti peribahasa di atas, kita baru akan menikmati hasilnya kemudian.

2. Menjamin kebahagiaan keluarga Anda

Kini, membahagiakan keluarga menjadi prioritas utama dalam hidup Anda. Membayarkan uang sekolah anak dan mengajak mereka liburan ke tempat favorit juga menjadi kewajiban yang harus dipenuhi.

Namun, seperti yang kita ketahui, hal-hal tak terduga seperti penyakit kerap datang secara tiba-tiba bersamaan dengan keharusan membayar uang sekolah anak dan mengajak berlibur ke tempat favorit. Karena itulah, menginvestasikan dana untuk mengikuti program asuransi jiwa dan asuransi pendidikan merupakan tindakan yang tepat untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

3. Menghindari jerat utang

Godaan untuk bersifat konsumtif memang sulit dihindarkan. Apalagi hasrat untuk memiliki gadget model terbaru, membeli barang-barang bermerek, hingga membeli tiket pesawat beserta hotel dan paket tur liburan ke tempat favorit semakin menggebu. Namun, jangan sampai Anda terjebak dalam keinginan-keinginan yang tak berkesudahan.

Saat ini, menggunakan kartu kredit dapat menjadi salah satu solusi memuaskan hasrat konsumtif tersebut. Tinggal gesek, apa yang Anda inginkan pun sudah bisa dimiliki. Namun, jika Anda kurang bertanggung jawab dalam menggunakannya, kartu kredit dapat menjadi perangkap yang menjatuhkan Anda ke jurang utang.

Kesalahan dalam menggunakan kartu kredit biasanya mengakibatkan tunggakan yang ditagihkan pada bulan berikutnya yang jumlahnya jauh melampaui kemampuan finansial Anda. Berbagai gagasan pun muncul. Mulai dari meminjam uang di bank hingga sanak keluarga. Padahal, jika sebelumnya sudah menginvestasikan sebagian dari pendapatan Anda secara rutin tiap bulan dalam bentuk tabungan atau asuransi, investasi tersebut pun dapat digunakan untuk mengatasi masalah satu ini.

Hubungi perencana keuangan kami

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Bagaimana kami dapat menghubungi Anda?

       

      Artikel terkait