Mempersiapkan hari tua

6 rekomendasi kota untuk hari tua

Inilah pilihan kota-kota yang nyaman untuk menghabiskan hari tua.

Setelah bekerja keras selama bertahun-tahun, Anda pantas mendapatkan masa pensiun yang tenang untuk menikmati hasil dari kerja keras Anda selama ini. Bagi beberapa orang, masa pensiun akan terasa lebih menyenangkan dengan meninggalkan kesibukan dan keramaian kota besar tempat mereka tinggal selama ini.

Kota yang tenang, nyaman, dan memiliki biaya hidup yang lebih murah sering menjadi pilihan. Faktor lain seperti kemudahan hidup, misalnya akses mudah ke berbagai kebutuhan sehari-hari, juga patut jadi pertimbangan. Kira-kira kota mana di Indonesia yang cocok bagi Anda untuk menikmati masa pensiun Anda?

1. Sanur, Bali

Keindahan Bali memang menarik untuk dijadikan tempat untuk menghabiskan masa pensiun Anda. Untuk Anda yang mencari suasana kota yang tenang, Sanur lebih cocok dibandingkan Denpasar yang ramai. Pantai Sanur yang indah juga menjadi bonus tambahan untuk masa pensiun yang menyenangkan.

2. Batam

Pertumbuhan ekonomi yang cepat akan memudahkan Anda mendapatkan berbagai kebutuhan hidup di kota ini. Kalau di masa pensiun Anda masih ingin merasakan riuhnya kota besar sekaligus akses mudah ke pantai-pantai indah, Batam bisa jadi pilihan Anda. Ingin ganti suasana? Perjalanan singkat dengan kapal feri akan membawa Anda ke Singapura atau Malaysia. Menarik, bukan?

3. Yogyakarta

Ketenangan kota ini membuat waktu seolah berjalan lebih lambat. Masyarakat yang ramah, bermacam makanan lokal yang lezat, serta berbagai budaya menarik, membuat daya tarik Yogyakarta sebagai tempat tinggal saat pensiun semakin meningkat.

4. Ubud, Bali

Ubud sering dianggap sebagai pusat budaya Bali. Cuaca yang baik dan keramahan penduduknya membuat Ubud juga menarik bagi ekspatriat sebagai tempat untuk menikmati masa pensiun mereka. Sama halnya dengan Sanur, suasana Ubud tidak seramai Denpasar, sehingga Anda dapat merasakan suasana tenang untuk kehidupan pensiun Anda.

Berniat untuk menghabiskan masa pensiun di luar negeri? Tidak masalah. Sebenarnya ada banyak pilihan kota di luar negeri untuk mencari suasana baru setelah pensiun. Namun, kebanyakan orang akan memilih dua kota di bawah ini untuk menikmati masa pensiun mereka, yaitu:

5. Penang, Malaysia

Budaya dan iklim Malaysia memang tidak jauh berbeda dengan Indonesia, sehingga Anda tidak akan kesulitan menyesuaikan diri di lingkungan baru. Selain itu, makanan lokal yang lezat jelas jadi daya tarik Penang. Reputasi Penang sebagai kota dengan biaya kesehatan murah namun berkualitas juga menjadi kelebihan kota ini.

6. Sapporo, Jepang

Ingin merasakan petualangan di masa pensiun? Kenapa tak mencoba lingkungan baru dengan budaya dan iklim yang benar-benar berbeda dengan Indonesia? Seperti halnya Penang, Sapporo juga sangat sering disebut sebagai kota terbaik untuk menikmati masa pensiun. Kota ini dikenal sebagai surga musim dingin di Jepang. Walau memiliki alam yang indah dengan banyak ski resort yang menarik, Sapporo masih termasuk salah satu kota di Jepang dengan biaya hidup yang lebih terjangkau.

Sebenarnya yang penting di masa pensiun Anda adalah rasa nyaman. Bisa jadi kota yang menarik bagi Anda adalah kota kelahiran Anda atau kota tempat Anda tumbuh besar, karena kota tersebut membuat Anda merasa tenang. Atau kalau Anda masih ingin beraktivitas atau bekerja setelah pensiun, Anda bisa mencari kota tempat Anda bisa mendirikan bisnis yang Anda impikan.

Hubungi perencana keuangan kami

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Bagaimana kami dapat menghubungi Anda?

       

      Artikel terkait