Menikah

Tips cegah panik jelang pernikahan

Yang perlu Anda lakukan agar masa menjelang hari besar terasa lebih tenang.

Menikah memang bukan perkara mudah. Untuk menuju langkah serius dan menjalani komitmen seumur hidup, tidak sedikit persiapan yang dilakukan oleh calon pengantin. Ada yang mempersiapkannya dalam hitungan bulan, ada juga yang mulai mempersiapkannya dalam hitungan tahun. Setiap orang pasti memiliki impian tersendiri untuk peristiwa besar dalam hidupnya ini.

Jangan biarkan hari bahagia Anda dibuat kacau oleh rasa panik. Tekanan untuk menjalankan segala sesuatu dengan sempurna memang akan menimbulkan perasaan gugup. Berikut beberapa tips untuk mengurangi perasaan tersebut dan mengembalikan kebahagiaan ke hari pernikahan Anda.

Pertahankan pikiran positif

Alih-alih terlalu pusing melihat reaksi orang lain terhadap gagasan dan persiapan pernikahan Anda, cobalah tetap berpikir positif dan dapatkan dukungan. Semua orang ingin Anda memiliki hari yang indah, jadi ingatlah bahwa Anda semua bekerja menuju tujuan yang sama. Ini akan mengurangi tekanan orang lain dan juga diri Anda sendiri. Pikiran positif akan menciptakan lebih banyak waktu untuk Anda dan orang-orang yang membantu mempersiapkan pernikahan Anda untuk berkonsentrasi pada rencana hebat Anda.

Jadilah diri sendiri

Ingat pernikahan itu semua tentang ANDA (dan pasangan Anda tentunya). Jika Anda merasa gugup karena menjadi pusat perhatian dan dihantui bayangan mengenai ritual pernikahan, bayangkan saja acara hari itu sebagai pertemuan yang lebih bersahabat—karena pada faktanya, Anda dikelilingi keluarga dan teman-teman terbaik Anda! Cobalah berbicara dengan mereka saat menyambut dan bersikap sebagaimana kalian biasa bertemu di tempat lain. Jadilah diri Anda sendiri dan nikmati pertemuan dengan keluarga dan teman-teman Anda di kesempatan istimewa ini.

Komunikasikan kecemasan Anda

Biarkan orang tahu betapa gugup Anda menjelang hari pernikahan Anda. Meskipun teman dan keluarga mungkin sudah dapat menebak bahwa Anda merasa cemas, mereka tidak akan selalu bisa membaca pikiran Anda dan tahu persis apa yang mengganggu Anda.

Dengan mengungkapkan perasaan Anda, setiap orang bisa memberi Anda dukungan yang tepat. Yang terpenting, Anda punya seseorang untuk menertawakan masalah-masalah itu! Anda memang sedang mempersiapkan sebuah momen penting tapi jangan biarkan hal itu menjadi terlalu serius.

Jangan terlalu dipaksakan

Anda tidak perlu 24 jam dalam seminggu mengatur pernikahan Anda, seolah Anda harus mengeceknya di mana saja dan setiap saat. Jadwalkan waktu istirahat dengan teman dan keluarga, dan jangan menambah beban stres dengan memikirkan pernikahan sepanjang waktu. Anda dapat pergi jalan-jalan dengan teman untuk menyegarkan pikiran.

Jangan membesarkan hal sepele

Cobalah untuk tidak memikirkan hal-hal sepele, apalagi di hari pernikahan. Jangan biarkan hal-hal kecil mengganggu Anda. Dengan semua perencanaan dan persiapan Anda, hari besar Anda pasti akan indah. Beberapa 'kejutan' di sana-sini mungkin justru akan menambah keseruan dan menambah momen tak terlupakan di hari bahagia Anda.

Hubungi perencana keuangan kami

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Bagaimana kami dapat menghubungi Anda?

       

      Artikel terkait