Menikah

Oktober 27, 2017

Merencanakan pernikahan tanpa utang

Yang terpenting adalah bagaimana pasangan membuat wedding plan sesuai kemampuan.

Menikah muda masih sering menimbulkan pertanyaan bagi banyak orang. Selain merasa belum siap secara mental, mereka juga merasa belum siap secara finansial. Sebenarnya, usia tidak menjamin seseorang siap untuk menikah, yang terpenting adalah cara pintar yang digunakan setiap pasangan untuk membuat wedding plan yang sesuai dengan kemampuan. Berikut beberapa tips untuk yang sedang merencakan pernikahan.

Yuk, buat budget plan!

Sebelum mulai membuat anggaran untuk pesta pernikahan, ada baiknya Anda membuat anggaran menikah. Lupakan sejenak uang gedung dan katering. Fokus pada tujuan kalian berdua setelah menikah dan berapa banyak yang dana yang harus ditabung. Contohnya, Anda dan pasangan ingin pergi berlibur setelah menikah. Lalu, Anda juga harus merencanakan kapan ingin membeli rumah, mobil, atau memiliki anak.

Setelah Anda menentukan biaya yang harus dikumpulkan untuk semua hal tersebut, Anda dapat mulai membuat anggaran pesta pernikahan yang tentunya tidak akan mengganggu tujuan jangka panjang Anda dan pasangan. Pastinya Anda juga harus mempertimbangkan pemasukan dari gaji bulanan atau mungkin dana bantuan dari keluarga. Usahakan untuk tidak mengandalkan pinjaman dan selalu sisihkan dana untuk biaya yang tidak terduga.

Tentukan prioritas

Membuat prioritas adalah hal terpenting dalam membuat pesta pernikahan. Coba Anda dan pasangan pikirkan hal yang harus dipriotitaskan agar anggaran lainnya dapat dipotong. Misalnya, Anda menginginkan katering dengan makanan yang mewah dan lezat, konsekuensinya Anda harus mengorbankan daftar tamu menjadi sedikit. Namun, hal tersebut juga harus mempertimbangkan dengan kondisi keluarga. Jika Anda memiliki teman dan keluarga yang banyak, pilihan katering mahal bisa dicoret dari daftar prioritas.

Cut the budget!

Setelah menentukan berapa anggaran yang tersedia dan membuat prioritas, Anda dapat memotong biaya lainnya. Caranya, dengan melihat kesempatan mendapatkan harga pesta pernikahan yang lebih murah dari biasanya. Anda dapat meminta bantuan dari teman dan keluarga. Berikut beberapa contoh yang dapat Anda tiru:

  • Mengurangi biaya gedung dengan menggunakan alternatif lain seperti menyewa restoran atau taman.
  • Menghilangkan biaya katering. Pesta pernikahan adalah pesta seluruh keluarga, jika Anda meminta, mereka tidak akan sungkan untuk membantu untuk menyiapkan hidangan. Mungkin Anda juga dapat membuat kue sendiri jika ingin memotong anggaran kue pernikahan.
  • Membatalkan untuk menyewa fotografer profesional. Saat ini, hampir setiap orang terbiasa dengan kamera. Anda pasti punya seorang teman atau kenalan yang memiliki keahlian dalam menggunakan kamera. Agar tidak kehilangan momen berharga ini, Anda dapat meminta tolong pada mereka. Anda juga bisa memberi mereka bayaran yang mungkin tidak akan semahal fotografer profesional.

Jika menurut Anda ide-ide di atas terlalu rumit, ada hal lain yang lebih mudah yang dapat dilakukan. Pengantin perempuan dapat membuat carfting party atau pesta membuat kerajinan, ajak teman-teman baik Anda untuk membantu membuat D.I.Y (do it yourself) wedding invitation atau mempercantik suvenir pernikahan.

Inti dari semua ini adalah bersenang-senanglah dan berpikiran terbuka. Jangan terlalu terikat dengan tradisi yang biasanya memakan banyak dana dan tidak sesuai dengan gaya hidup kalian berdua. Dengan membuat rencana anggaran pernikahan dengan matang, kamu akan memiliki pesta pernikahan impian yang jauh dari utang. Jika keluarga kurang setuju, coba kamu jelaskan bahwa ini untuk kebaikan resolusi jangka panjang pernikahanmu, karena itulah hal terpenting dari membangun rumah tangga.

Hubungi perencana keuangan kami

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Bagaimana kami dapat menghubungi Anda?

       

      Artikel terkait