Mendidik anak

Januari 03, 2020

Yuk Ajari Anak Hidup Hemat Sejak Dini

Setiap orangtua menginginkan segala sesuatu yang terbaik untuk buah hatinya. Makanan dan pakaian saja tidak luput dari perhatian. Apalagi sesuatu yang berkaitan dengan masa depan mereka, seperti kesehatan dan pendidikan.

Namun, Membuat anak bahagia tidak melulu selalu harus dengan memberikan barang bermerek atau sesuatu yang mahal. Tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya, kamu bisa tetap memberikan yang terbaik. Salah satunya dengan menerapkan gaya hidup hemat sejak dini.

Selain membantu menjaga kondisi keuangan keluarga, cara tersebut juga membantu meningkatkan kecerdasan dan kedisiplinan anak. Berikut adalah tips membahagiakan anak sekaligus menghemat pengeluaran rumah tangga.

Masak untuk si kecil

Dengan memasak makanan sendiri, kamu bisa memberikan asupan makanan yang bergizi, berimbang, dan bervariasi untuk seluruh anggota keluarga, terutama sang buah hati. Kalau sudah ada bekal, kamu juga tidak perlu lagi memberikan uang jajan. Nah, untuk menggugah selera si kecil, kamu bisa mencoba menghias bekal dengan penyajian ala bento.

Begitu juga dengan perayaan hari ulang tahun anak. Ketimbang merayakannya secara besar-besaran di sebuah restoran, kamu bisa mengadakan pesta sederhana di rumah dengan hanya mengundang orang-orang terdekat saja. Seperti keluarga dan teman sepermainan si kecil sertadan menyajikan hidangan serta dan kue buatan sendiri. Agar lebih hemat lagi, sebaiknya kamu hanya mengundang orang-orang terdekat saja, seperti sepupu dan teman sepermainan si kecil beserta orangtua mereka.

Ajak si kecil untuk aktif bergerak

Olahraga atau aktivitas fisik bisa dibilang merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang tidak memakan banyak biaya. Manfaatnya pun sangat beragam, salah satunya adalah membantu perkembangan otak dan pertumbuhan fisik.

Sebagai permulaan, cobalah ajak si kecil untuk berjalan kaki atau bermain sepeda di taman atau lapangan olahraga setiap pagi atau sore. Seiring dengan pertumbuhannya, kamu bisa mulai memperkenalkan berbagai jenis olahraga, seperti jogging, bersepeda, basket, dan bulu tangkis. Cara ini juga akan membantu membatasi penggunaan gadget oleh anak.

Belajar sambil bermain bersama si kecil

Pergi ke mal memang menyenangkan, tetapi pergi ke museum atau kebun binatang akan jauh bisa jadi lebih menyenangkan. Selain lebih hemat, kamu juga bisa mengajaknya untuk belajar sambil bermain. Konsep ini membuat anak-anak lebih bersemangat dan memudahkan mereka dalam menyerap pengetahuan.

Di museum, kamu bisa mengajarkan banyak hal tentang budaya maupun sejarah. Sementara itu, kebun binatang akan menambah wawasan dan juga meningkatkan kepeduliannya terhadap hewan.

Ajari si kecil menabung

Ketika usianya sudah tepat, kamu bisa mulai mengajarkan anak untuk hidup sederhana. Pengenalan uang sendiri bisa dilakukan pada saat anak berusia satu hingga tiga tahun. Pertama-tama, biasakan dia menabung dengan menggunakan celengan.

Begitu si kecil duduk di bangku SD, tahap menabung bisa dilanjutkan ke tahap pengelolaan uang, seperti membuka rekening tabungan pribadinya. Tidak perlu muluk-muluk, cukup ajarkan si kecil untuk menyisihkan atau menyisakan uang sakunya minimal Rp 1.000 untuk ditabung.

Mudah, bukan? Jadi, jangan tunda keinginanmu untuk mengajak buah hati hidup hemat demi keuangan keluarga yang lebih sehat kini dan nanti.

Hubungi perencana keuangan kami

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Bagaimana kami dapat menghubungi Anda?

       

      Artikel terkait