Mendidik anak

Aplikasi pintar untuk kecerdasan anak

Bila dimanfaatkan dengan baik, smartphone dapat membantu melatih kecerdasan anak melalui beberapa aplikasi berikut.

Meskipun banyak orang tua yang merasa smartphone dapat mengganggu perkembangan anak, nyatanya smartphone sebenarnya dapat digunakan untuk melatih kecerdasan otak anak Anda bila dimanfaatkan dengan baik. Caranya, Anda harus dapat menyeleksi beberapa aplikasi yang perlu diunduh di dalamnya. Di bawah ini adalah beberapa aplikasi smartphone yang dapat membantu perkembangan kecerdasan anak Anda.

1. Duolingo

Anda ingin anak Anda bisa mengenal banyak bahasa sejak dini? Coba saja aplikasi yang satu ini! Melalui Duolingo, anak akan dilatih untuk mengenal bahasa Spanyol, Perancis, Jerman, Portugis, Italia, dan Inggris. Tinggal buka aplikasi ini, sign up dengan email Anda, lalu langsung mainkan dan terjemahkan setiap bahasa asing yang muncul sesuai petunjuk awal. Asyiknya lagi, aplikasi ini gratis dan tersedia untuk platform iOS, Android, dan bahkan untuk PC Anda.

2. English For Kids

Bukan rahasia lagi bahwa bahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk masa depan anak Anda. Dalam aplikasi ini, terdapat berbagai metode pembelajaran bahasa Inggris yang mudah untuk dipelajari anak-anak. Mulai dari mengenal huruf, menyusun kata, sampai menyusun kalimat. Aplikasi ini pun dilengkapi dengan cara membaca dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Tanpa perlu sign up, Anda dan anak Anda bisa langsung memainkan aplikasi ini layaknya sebuah game. Aplikasi ini dapat diunduh di ponsel Android melalui Google Play.

3. Kindle

Salah satu cara untuk mengasah kecerdasan otak anak Anda adalah dengan membaca buku. Hal itulah yang ditawarkan oleh Kindle. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membaca buku cerita hingga buku pelajaran anak Anda, layaknya perpustakaan yang terdapat di dalam smartphone Anda. Serunya lagi, aplikasi yang dirancang untuk iOS dan Android serta BlackBerry ini dapat diunduh secara gratis. Cukup mengetik buku apa yang sedang ingin Anda dan anak Anda cari, maka Kindle akan memunculkannya secara otomatis.

4. How to Make Origami

Tahukah Anda, membuat origami sebenarnya dapat menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan? Karena itu, aplikasi yang satu ini sangat berguna untuk mengembangkan kecerdasan kedua fungsi otak anak. Dengan aplikasi yang tersedia di platform iOs dan Android ini, Anda dapat mengajarkan anak cara membuat obyek menggunakan kertas origami. Anak Anda bisa mempelajari berbagai langkah melipat kertas origami menjadi beragam obyek yang diinginkan. Selain membantu kecerdasan , aplikasi ini tentunya menyenangkan untuk keluarga. Aplikasi ini bisa dinikmati secara gratis tanpa harus sign up terlebih dahulu.

5. Belajar Menulis

Untuk anak-anak yang masih berusia balita, aplikasi Belajar Menulis yang terdapat pada smartphone berbasis Android ini cocok untuk mengembangkan kemampuannya, terutama dalam hal menulis. Aplikasi ini dapat membantu anak-anak dalam belajar menulis alfabet, disertai dengan animasi yang menggambarkan caranya dan akan memudahkan anak dalam belajar. Selain itu, juga terdapat gambar-gambar yang menarik sesuai dengan huruf yang dipelajari, yang membuat otak anak semakin mengingat. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis di Google Play secara gratis.

Hubungi perencana keuangan kami

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Bagaimana kami dapat menghubungi Anda?

       

      Artikel terkait