Mendidik anak

September 03, 2018

5 Cara kenali bakat si kecil sejak dini

Agar anak bisa sukses di masa depan, ada baiknya kita juga ikut mengenali bakat dan kemampuan si kecil sejak dini.

Dengan mengenal bakat anak, kita bisa membantunya mengembangkan karier di masa mendatang. Nah, bagaimana cara agar kita bisa mengenali bakat yang dimiliki oleh buah hati?

1. Perhatikan kesukaan dan kebiasaan anak

Setiap hari, perhatikanlah kebiasaan yang dilakukan si kecil dan hal-hal yang ia sukai. Biasanya yang menjadi kebiasaan atau kesukaan dan dilakukan setiap hari dapat berkembang menjadi bakat.

2. Ajak anak untuk mengeksplorasi kemampuannya

Biarkan anak mencoba berbagai hal positif, untuk menggali bakat-bakat yang terpendam dalam dirinya. Jangan batasi kegiatan anak selama hal itu masih dalam batas wajar. Awasi dia saat sedang melakukan berbagai kegiatan, dan ketika Anda sudah menemukan hal-hal baru yang disukainya, Anda bisa membimbing si kecil untuk lebih mengembangkan bakat tersebut.

3. Berikan stimulus atau rangsangan pada anak

Untuk mengetahui bakat yang dimiliki anak, Anda bisa memberikan berbagai macam stimulus atau rangsangan pada si kecil, misalnya dengan memberikan permainan-permainan variatif dan memasukkannya ke kursus atau les yang sesuai dengan kesukaannya.

4. Membangun komunikasi dengan anak

Berikan perhatian kepada anak setiap harinya, jangan abaikan hal-hal yang menjadi kesukaannya. Ajak anak untuk mengobrol tentang kegemaran, hobi, hingga cita-cita saat ia besar nanti. Dengan begini, Anda juga bisa membentuk ikatan emosional antara orangtua dan anak sehingga nanti ia akan leluasa bercerita tentang masa depannya kepada Anda.

5. Berikan waktu yang cukup untuk anak bersosialisasi

Berikan kesempatan bagi si kecil untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman-teman sebayanya. Dengan ini, mereka bisa saling menunjukkan kemampuan dan bakat yang dimiliki kepada teman-teman bermainnya. Anda juga dapat mengamati kebiasaan anak saat bersosialisasi dengan teman-temannya. Lewat pola komunikasi anak dengan teman-temannya, Anda bisa melihat potensi lain yang ada di dalam dirinya.

Bimbinglah si kecil dalam mengambil keputusan, dan dukunglah keputusan yang sudah ia ambil. Berikan dia cakrawala pengetahuan seluas-luasnya agar ia bisa mengetahui bakat yang dimiliki dan bisa menjadi pribadi yang sukses di masa depan.

Hubungi perencana keuangan kami

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Bagaimana kami dapat menghubungi Anda?

       

      Artikel terkait