Membangun keluarga

Januari 02, 2020

Tips Agar Pengantin Baru Bisa Beli Rumah

Setelah menggelar pesta pernikahan impian, sekarang saatnya untuk memiliki rumah idaman. Bicara soal membeli rumah, pasti hal pertama yang terlintas dalam pikiranmu adalah biaya. Ditambah lagi harga produk properti tidak murah dan selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Namun, ada beberapa siasat agar kamu dan pasangan bisa segera memiliki rumah tanpa membahayakan kesehatan keuangan keluarga. Berikut tips-tipsnya:

Diskusi dengan pasangan

Komunikasi merupakan salah satu kunci penting dalam rumah tangga. Itulah kenapa kamu dan pasangan perlu berdiskusi sejak awal. Mulai dari kondisi keuangan saat ini, kriteria rumah yang ideal, hingga produk KPR yang sesuai.

Dengan begitu, kamu dan pasangan bisa mengetahui apakah pendapatan setiap bulan cukup untuk membayar cicilan KPR bulanan serta memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika tidak, maka kamu perlu mencari sumber pendapatan lain untuk menambah pemasukan keluarga. Bisa, entah itu dengan mencari side job atau memulai bisnis kecil-kecilan.

Sama-sama berkomitmen

Selain uang, proses membeli rumah membutuhkan komitmen penuh dari suami maupun istri. Jika hanya salah satu saja yang berkomitmen, maka upaya yang dilakukan serta dana yang sudah dikumpulkan akan menjadi sia-sia.

Misalnya, kamu tidak pernah lupa mengalokasikan sebagian pemasukan ke tabungan untuk membayar DP rumah. Tapi sebaliknya, tetapi pasanganmu selalu lupa untuk menyisihkan gajinya. Pastinya kebutuhan dana tidak mungkin terpenuhi dalam jangka waktu yang sudah disepakati. Namun, hindari kebiasaan saling menyalahkan dan fokus mencari solusi bersama.

Sesuaikan kebutuhan dengan kemampuan

Kamu dan pasangan sudah memiliki skema cicilan rumah, sekarang waktunya untuk mencari rumah yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Jangan memilih rumah hanya karena bagus tanpa memikirkan harganya yang mahal. Jika sebagian besar pemasukan dihabiskan untuk cicilan rumah, kamu akan kesulitan memenuhi kebutuhan rumah tangga lainnya.

Coba terapkan rasio anggaran 50 – 30 – 20 atau 40 – 30 – 20 – 10 supaya cash flow keluarga bisa lebih terjaga. Angka 30 pada kedua rasio menggambarkan persentase anggaran cicilan utang produktif, yaitu tidak lebih dari 30 persen penghasilan.

Sebaliknya, jangan sampai juga kamu memilih rumah murah tanpa mempertimbangkan spesifikasi dan lokasinya. Tidak menutup kemungkinan kamu harus mengeluarkan uang untuk renovasi sebelum waktunya. aAtau menambah biaya transportasi karena jaraknya terlalu jauh dari tempat kerja. Hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan saat memilih rumah adalah fasilitas KPR yang ditawarkan.

Mulai berinvestasi

Cari tahu Setelah mengetahui kisaran jumlah cicilan dan menemukan rumah idaman dengan fasilitas KPR yang menguntungkan. Dengan demikian, kamu dan pasangan bisa mulai berinvestasi untuk menyiapkan biaya DP rumah. Pilihlah instrumen investasi yang fleksibel dengan risiko rendah dan tingkat suku bunga yang kompetitif.

Untuk membantu mewujudkan target keuangan kamu, Sun Life Indonesia menghadirkan beragam produk asuransi unit link. Dengan satu produk, kamu bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu proteksi finansial dari berbagai risiko kehidupan dan sarana untuk berinvestasi. Tentunya, pilih produk sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

Dengan menerapkan empat strategi di atas, kamu dan pasangan bisa membeli rumah sambil tetap menikmati kehidupan pernikahan.

Hubungi perencana keuangan untuk pertemuan virtual hari ini!

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Kami akan segera menghubungi Anda. Silakan tinggalkan detail Anda di bawah ini.

       

      Artikel terkait