Membangun keluarga

Juni 25, 2018

Pentingnya tidur cukup untuk kesehatan tubuh

Agar memiliki tubuh yang sehat luar dalam, tidak cukup hanya dengan pola makan sehat dan berolahraga saja, tetapi juga dengan tidur yang cukup.

Banyak alasan yang membuat beberapa orang susah tidur, atau enggan untuk tidur lebih awal. Misalnya karena tenggat waktu pekerjaan, harus mengurus bayi, hingga menonton pertandingan sepakbola. Padahal tidur yang cukup itu sangat penting untuk kesehatan kita, lho! Apa saja manfaat dari tidur cukup?

Meningkatkan kualitas memori

Ingatan, perasaan, dan peristiwa terekam dalam otak dan terkonsolidasi ketika kita tidur. Semakin baik kualitas tidur, maka kemampuan memori juga akan meningkat.

Memperlancar metabolisme

Pencernaan terus-menerus bekerja tanpa henti, bahkan pada saat kita tidur. Nah, organ-organ pencernaan ini ternyata bekerja maksimal saat kita tidur. Jadi, tidur yang cukup akan membuat proses metabolisme lebih lancar.

Menjaga berat badan dan mengendalikan nafsu makan

Saat tidur di malam hari, kebutuhan kalori akan berkurang karena minimnya pergerakan. Hal ini yang membuat kebutuhan energi menjadi turun. Nah, saat kamu kurang tidur, otak akan menurunkan kadar leptin, yaitu hormon yang menciptakan rasa kenyang. Akibatnya, kita akan merasa mudah lapar dan otak dipacu untuk memenuhi energi tubuh sehingga kita memutuskan untuk makan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika kita tidur, sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan protein-protein kecil yang disebut sitokin. Sitokin memiliki efek perlindungan pada sistem kekebalan tubuh dengan membantu melawan radang dan infeksi. Tanpa tidur yang cukup, kita tidak akan memiliki sitokin yang cukup untuk menghalangi tubuh dari penyakit.

Meregenerasi sel-sel tubuh

Proses regenerasi sel-sel tubuh akan terjadi pada saat kita tidur. Kalau waktu tidur kita kurang, maka proses ini tidak akan berjalan sempurna. Karena itu, kita harus tidur cukup untuk mengoptimalkan proses regenerasi sel-sel, sehingga kita akan punya energi baru untuk memulai aktivitas di pagi hari.

Di era digital ini, kita cenderung akan sulit mendapatkan tidur yang cukup. Entah karena tuntutan pekerjaan, gawai, media sosial, atau stres. Karena itu, kita harus mengupayakan tidur cukup misalnya dengan tidak mengonsumsi kafein secara berlebihan, membuat suasana tempat tidur yang nyaman, dan berolahraga secara teratur untuk membantu mendapatkan tidur yang nyenyak.

Hubungi perencana keuangan kami

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Bagaimana kami dapat menghubungi Anda?

       

      Artikel terkait