Membangun keluarga

Juli 08, 2018

Mengatur anggaran untuk liburan keluarga

Mengatur anggaran untuk liburan keluarga sangat diperlukan agar liburan terencana dengan baik dan berjalan lebih nyaman serta menyenangkan.

Liburan bersama keluarga adalah hal yang sangat ditunggu saat memasuki musim liburan. Namun, tidak banyak orang yang menyiapkan anggaran liburan secara khusus. Nah, agar tidak membebani anggaran utama, kita harus mengatur perencanaan anggaran khusus liburan dengan matang. Ini beberapa hal yang bisa dilakukan:

Tentukan tujuan Liburan dan estimasi dana

Bicarakanlah tujuan liburan dengan keluarga, tentukan kota dan tempat-tempat wisata yang akan dituju. Setelah itu, Anda dapat menentukan estimasi dana yang dibutuhkan untuk liburan tersebut.

Buat checklist wisata

Setelah mengetahui tujuan liburan dan estimasi dana yang akan dikeluarkan, Anda bisa membuat checklist wisata. Biasanya, dalam checklist tersebut Anda harus memasukkan biaya akomodasi, transportasi, dan tiket tempat wisata di kota tujuan.

Siapkan tabungan setiap bulan

Sisihkan tabungan secara rutin dengan nominal yang tetap setiap bulannya, setelah Anda mengetahui besarnya biaya liburan yang harus dikeluarkan. Disiplinkan diri untuk menyisihkan dana setiap bulan untuk ditabung. Agar tidak terasa terlalu berat, Anda boleh juga mengajak setiap anggota keluarga untuk ikut menabung.

Sisihkan untuk dana tak terduga

Biaya berlibur bisa saja mengalami peningkatan karena kondisi ekonomi. Karena itu, Anda perlu menyisihkan tabungan untuk dana tak terduga sebesar sepuluh persen dari total anggaran yang sudah dibuat. Jadi apabila saat liburan nanti Anda memiliki kendala atau kebutuhan tak terduga, Anda tidak bingung lagi.

Pertimbangkan alternatif liburan

Selain tempat liburan yang ingin dituju, ada baiknya Anda mempersiapkan plan B berupa alternatif tempat liburan dan kota lainnya untuk berjaga-jaga jika ada kendala di plan A. Anda juga bisa mencari tujuan wisata menarik di kota tempat tinggal Anda.

 

Bagaimana, sudah siap liburan? Yuk, mulai siapkan budget dari sekarang!

 

Hubungi perencana keuangan kami

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Bagaimana kami dapat menghubungi Anda?

       

      Artikel terkait