Membangun keluarga

April 08, 2020

Lindungi Diri dari Covid-19, Ini Yang Perlu Kamu Ketahui

Pasti kamu sudah tidak asing lagi mendengar istilah Covid-19. Bagaimana tidak? Berita tentang penyakit yang disebabkan oleh coronavirus atau virus corona ini sudah menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Panik? Takut? Tidak perlu. Apalagi sampai memborong barang di supermarket tanpa memikirkan kepentingan orang lain. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membekali diri dengan berbagai informasi dan pengetahuan. Namun, kamu harus bisa membedakan mana yang fakta dan hoaks ya.

Apa itu virus corona dan Covid-19?

Virus corona atau coronavirus adalah keluarga virus yang bisa menyebabkan beberapa penyakit, mulai dari flu biasa hingga yang parah, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Virus corona ini juga menjadi penyebab penyakit terbaru, yaitu Covid-19 yang merupakan singkatan dari novel coronavirus. Berasal dari Wuhan, China, penyakit ini menyerang sistem pernapasan manusia dan bisa menimbulkan sesak napas ringan hingga berat.

Disebabkan oleh virus corona jenis zoonosis, penyakit tersebut ditularkan dari hewan ke manusia. Sementara, penularan dari manusia ke manusia terjadi karena kontak jarak dekatlewat tetesan air liur atau lendir.

Bagaimana gejala Covid-19?

Begitu keluar dari tubuh seseorang yang positif terjangkit, entah itu karena batuk atau bersin, virus corona bisa bertahan di udara selama beberapa jam atau di permukaan plastik dan stainless steel hingga tiga hari.

Masa inkubasinya bisa berlangsung hingga 14 hari sejak pertama kali terinfeksi. Jika terinfeksi, seseorang akan mengalami salah satu atau beberapa gejala sekaligus, seperti demam tinggi lebih dari 38 derajat celcius, batuk kering, pilek, sakit tenggorokan, lemas, sesak napas, dan sakit kepala. Artinya, jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut dalam fase 14 hari, segera periksakan dirimu.

Siapa saja yang pernah atau sering berada dalam satu ruangan dengan penderita bisa tertular, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Namun, ada sekelompok orang yang lebih rentan terhadap penyakit tersebut, yaitu orang berusia lebih dari 60 tahun, ibu hamil, anak-anak, serta penderita diabetes, jantung, atau tekanan darah tinggi.

Bagaimana Pemerintah Indonesia mencegah perluasan virus corona?

Sejauh ini, Pemerintah Indonesia telah memberlakukan beberapa kebijakan untuk menekan penyebaran virus corona. Salah satu di antaranya adalah mengkarantina penderita Covid-19, warga yang memiliki gejala, dan juga warga yang pernah kontak langsung dengan penderita.

Selain karantina, pemerintah juga menerapkan social distancing, yaitu upaya menghindari tempat umum, pertemuan besar, atau kerumunan orang. Jika kamu terpaksa harus berada di sekitar orang, jaga jarak aman sekitar dua meter agar terhindar dari penyebaran virus.

Untuk memeriksakan diri, kamu bisa mengunjungi rumah sakit (RS) rujukan terdekat yang telah ditunjuk oleh Pemerintah Indonesia. Total ada 227 RS rujukan yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Kamu bisa mengetahui daftar RS rujukan beserta protokol kesehatan dengan mengunjungi situs infeksiemerging.kemkes.go.id milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Dalam keadaan gawat darurat, kamu bisa menghubungi 119. Khusus wilayah DKI Jakarta, nomor yang bisa dihubungi adalah 112 atau 081388376955.

Apa yang bisa kamu lakukan untuk membantu mencegah penyebaran virus corona?

 Video cara menerapkan hidup bersih dan sehat dari Sun Life

Dalam mencegah penyebaran virus corona, peran masyarakat juga tidak kalah pentingnya lho. Nah, kamu juga bisa ikut berkontribusi dengan melakukan tiga hal sederhana berikut:

  • Bersihkan tangan

Bersihkan tanganmu usai batuk atau bersin, saat merawat orang sakit, sebelum hingga setelah menyiapkan makanan, sebelum dan makan, setelah menggunakan toilet, serta setiap kali menyentuh hewan atau benda di tempat umum.

Cucilah tangan menggunakan air mengalir dan sabun pencuci tangan secara seksama dan teliti minimal 20 detik. Jangan lupa gosok seluruh permukaan tangan, setiap jari, dan bagian di bawah kuku untuk menghilangkan virus yang menempel pada permukaan kulit tangan.

Jika tidak ada akses air dan sabun, kamu bisa memakai hand sanitizer sementara waktu. Namun, jika sudah tiba di tempat tujuan atau menemukan toilet, pastikan kamu tetap mencuci tangan dengan benar.

  • Pakai masker

Saat sedang menunggu dan merawat keluarga yang sedang dikarantina atau menderita Covid-19 di RS, pastikan juga kamu memakai masker dengan benar sebagai perlindungan tambahan. Sebab, RS merupakan sumber berbagai macam penyakit, sehingga kamu akan lebih rentan tertular saat menghabiskan banyak waktu di tempat tersebut.

  • Jangan sentuh wajah

Mulai sekarang, hentikan kebiasaan menyentuh wajah, terutama bagian mulut, hidung, dan mata. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah perpindahan virus dari tangan ke area yang tersambung dengan saluran pernapasan. 

  • Jaga kesehatan

Selain itu, jaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat dan vitamin C serta beristirahat dengan cukup. Luangkan juga sebagian waktumu untuk berolahraga agar tetap fit dan berjemur matahari pada pagi hari.

Terakhir, maksimalkan perlindungan terhadap virus corona dan Covid-19 dengan produk asuransi Sun Life Indonesia yang bisa diandalkan kapan saja dan di mana saja.

Hubungi perencana keuangan kami

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Bagaimana kami dapat menghubungi Anda?

       

      Artikel terkait