Membangun keluarga

Oktober 27, 2017

Cara mudah membuat shabu-shabu

Kerahkan kreativitas Anda untuk membuat shabu-shabu yang lezat!

Apakah Anda pernah makan shabu-shabu dari Jepang, atau yang dalam kuliner Cina populer dengan nama 'hot pot'? Di Jepang sendiri, hidangan yang satu ini identik dengan musim dingin karena kuahnya yang dapat menghangatkan tubuh. Namun, pada kenyataannya, popularitas shabu-shabu di negara lain tidak mengenal musim, dan bisa dimakan kapan saja. Apalagi di daerah tropis seperti Indonesia yang sering sekali turun hujan, hidangan shabu-shabu dapat menjadi pilihan untuk menghangatkan badan.

Pada dasarnya, membuat shabu-shabu itu mudah. Kita hanya butuh kuah yang sudah dibumbui dan bahan sayur yang bisa didapat dari kulkas. Kemudahan ini yang membuat shabu-shabu dapat digolongkan sebagai hidangan ‘smart cook’—masakan yang mudah dibuat dan tidak merepotkan.

Sederhana, mudah, dan nikmat

Untuk resep ini, dibutuhkan panci dengan ukuran agak besar dan lebar yang bisa menampung 2 liter air, kompor gas kecil yang bisa diletakkan di tengah meja makan, dan sumpit untuk memudahkan dalam mencelup dan mengambil bahan makanan. Jika Anda tidak terbiasa memakai sumpit, sebenarnya bisa menggunakan pencapit untuk mencelupkan dan mengambil bahan makanan, hanya saja sumpit akan jauh lebih praktis.

Langkah pertama untuk memasak shabu-shabu adalah membuat kuah lezat yang menggugah selera. Ada tiga alternatif bumbu untuk membuat kuah ini dengan bahan-bahan yang mudah Anda dapatkan. Alternatif pertama, gunakan kaldu ayam atau sapi (sesuai selera). Alternatif kedua, Anda juga dapat merebus tulang ayam untuk mendapatkan kaldunya, dan alternatif ketiga adalah bereksperimen dengan ceker ayam. Untuk alternatif terakhir ini banyak yang mengatakan bahwa mereka berhasil mendapatkan rasa kuah kaldu yang lezat dengan biaya yang cukup ekonomis mengingat harga ceker ayam memang murah.

Setelah memilih salah satu dari tiga alternatif pilihan penyedap tersebut, Anda dapat merebusnya dengan air matang dan dan menambahkan beberapa potong keripik rumput laut agar bisa merasakan kuah yang mendekati rasa otentik kuah shabu-shabu. Jika airnya telah mendidih, matikan api, lalu masak sausnya dengan api kecil selama sekitar 1 jam lagi agar kaldunya benar-benar keluar.

Tips: Saat memasak kuah, jika Anda melihat gumpalan kecoklatan mengambang di bagian atas, usahakan angkat buih sebanyak mungkin sehingga rasa kuahnya tidak menjadi tengik nantinya.

Sambil menunggu kuah matang, sekarang saatnya menyiapkan bahan utama masakan Anda, yaitu irisan daging sapi yang diiris setipis kertas. Agar mudah diiris tipis, Anda dapat memasukkan daging sebentar ke dalam freezer. Saat mulai mengeras, daging dapat diiris tipis dengan pisau tajam. Cara lain yang lebih praktis adalah membeli daging khusus shabu-shabu yang biasanya sudah diiris tipis-tipis di supermarket. Selain daging sapi, Anda juga dapat menambahkan ayam, ikan, udang, dan berbagai jenis bakso sesuai keinginan Anda.

Selanjutnya pilih sayuran yang ingin Anda gunakan di dalam masakan ini. Pada dasarnya, semua jenis sayuran dapat menjadi bahan shabu-shabu. Anda dapat menggunakan aneka sayuran. Mulai dari sawi, pokchoi, bayam, kangkung, wortel, daun bawang, daun selada keriting, jamur hingga jagung muda. Di luar bahan-bahan itu, Anda juga dapat menambahkan tahu dan mie telur sebagai bahan baku tambahan.

Tips: Agar tidak memakan banyak waktu saat mulai mencelupkan sayuran dan bahan lainnya, siapkan bahan-bahan tersebut sebelumnya. Seperti mengiris lebar daun sawi dan pokchoi, kangkung dipotong panjang (sekitar 15cm), wortel diiris melintang tipis, dan tak ketinggalan, mie telur direbus terlebih dahulu dengan air setengah matang.

Untuk menambah kenikmatan masakan Anda, tambahkan saus cocolan yang terbuat dari campuran kecap, bawang putih cincang, dan paprika merah (atau cabai jika ingin yang lebih pedas). Jika terlalu asin, Anda dapat mencampur saus dengan sedikit air dan menambahkan cukup gula.

Setelah siap, semua sayuran, daging, dan berbagai bahan tambahan lainnya diletakkan di piring besar dan letakkan di atas meja makan. Lalu saring kuah dan keluarkan tulang atau cakar ayam dan keripik rumput laut, kuah shabu-shabu Anda sudah siap dinikmati. Nikmati shabu-shabu buatan Anda bersama keluarga atau teman-teman Anda.

Hubungi perencana keuangan kami

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Bagaimana kami dapat menghubungi Anda?

       

      Artikel terkait