Panduan praktis

Juni 07, 2018

Manfaat dan hikmah berwakaf

Dengan berwakaf, kita dapat membantu mereka yang membutuhkan, berkontribusi untuk masyarakat, serta memperoleh pahala yang terus mengalir.

Seperti yang telah kita tahu, berwakaf adalah memberikan sebagian dari harta kita untuk kepentingan umum. Undang-undang Republik Indonesia no. 41 tahun 2004 menyebutkan bahwa pemakaian wakaf harus sesuai dengan tujuan yang telah disepakati, misalnya untuk mendirikan bangunan tempat ibadah, atau kepentingan lain yang berhubungan dengan ibadah atau kepentingan agama.

Selain untuk pengelolaan uang dan harta, ada beberapa manfaat yang dapat diambil jika kita berwakaf. Apa sajakah itu?

 

Melatih jiwa sosial dan membantu yang kesulitan

Berwakaf menjadi salah satu sarana untuk melatih jiwa sosial. Bagi kita yang memiliki harta benda lebih banyak, bisa memberikan kepada kaum yang tidak mampu atau kesulitan. Misalnya lewat tanah yang kita wakafkan untuk orang yang tidak memiliki tempat tinggal, dan lain sebagainya.

 

Belajar bahwa harta benda di dunia ini tidak kekal

Dengan berwakaf, kita belajar bahwa harta yang kita miliki harus dibagi dengan orang lain. Ada sebagian hak orang lain dalam harta kita. Kehidupan akhirat yang kekal bisa diselamatkan lewat kehidupan di dunia. Wakaf membantu kita untuk mendapatkan kehidupan akhirat yang lebih baik.

 

Amalan tidak terputus

Amalan wakaf tidak dapat terputus meski sudah meninggal dunia, jika dikelola terus menerus. Jadi meskipun kita sudah tidak ada di dunia ini, kita bisa tetap berguna bagi orang-orang di sekitar kita.

 

Mempererat tali persaudaraan dan mencegah kesenjangan sosial

Dengan berwakaf yang digunakan untuk kepentingan umum, masyarakat akan merasakan manfaat yang sama. Orang yang kekurangan bisa menikmati sarana-sarana publik yang lebih baik, dan orang yang lebih berada juga bisa berbagi. Sehingga, kesenjangan sosial akan semakin kecil dan tali persaudaraan akan terasa lebih erat.

 

Mendorong pembangunan negara

Wakaf banyak digunakan untuk mendirikan sarana seperti sekolah, yayasan pendidikan, asrama, dan fasilitas umum lain. Hal ini sangat membantu meningkatkan pembangunan negara lewat bidang pendidikan.

Dengan manfaat dan hikmah wakaf yang sudah disebutkan di atas, kita bisa memberikan kesejahteraan bagi banyak pihak seperti keluarga, orang sekitar, dan diri sendiri. Karena itu, mari kita memperbanyak amal dan pahala melalui berwakaf.

 

 


Produk terkait

Asuransi Brilliance Amanah (Syariah)

Asuransi Brilliance Amanah (Syariah)

Periode: 20 tahun
  • Potensi hasil investasi
  • Manfaat rawat inap
  • Kompensasi saat berhaji
Asuransi Brilliance Amanah (Syariah)
Asuransi Brilliance Fortune Plus

Asuransi Brilliance Fortune Plus

Periode: 88 tahun
  • Perlindungan optimal
  • Investasi optimal
Asuransi Brilliance Fortune Plus
Asuransi Brilliance Hasanah Fortune Plus (Syariah)

Asuransi Brilliance Hasanah Fortune Plus (Syariah)

Periode: 12 tahun
  • Santunan optimal
  • Investasi optimal
  • Surplus underwriting
Asuransi Brilliance Hasanah Fortune Plus (Syariah)

Hubungi perencana keuangan kami

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Bagaimana kami dapat menghubungi Anda?