Panduan praktis

Memulai investasi untuk pertama kalinya

Investasi dapat membantu perencanaan keuangan Anda untuk mencapai tujuan hidup. Bagi Anda yang baru pertama kali berinvestasi, inilah panduannya.

Sebagian besar orang bisa jadi berpikir bahwa orang yang memiliki uang banyak adalah investor. Faktanya? Belum tentu. Ada perbedaan signifikan pada keduanya. Daripada hanya menghabiskan uang yang ia miliki, para investor menggunakan uang mereka untuk mendapatkan hal-hal yang menawarkan potensi keuntungan yang besar, baik berupa bunga, pendapatan, atau apresiasi nilai.

Saat Anda mempelajari pengelolaan uang, Anda akan belajar mencurahkan sumber daya terbatas Anda ke hal-hal dengan potensi pengembalian terbesar. Bisa jadi untuk melunasi utang, melanjutkan pendidikan, atau merenovasi kembali rumah Anda untuk mempertahankan nilai propertinya. Tentu saja, itu juga berarti membeli saham dan obligasi—baik secara individu maupun reksa dana atau dana yang diperdagangkan di bursa.

Berkat teknologi, dunia investasi menawarkan kemungkinan besar kepada siapa saja dengan sejumlah nilai uang dan koneksi internet. Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum berinvestasi untuk pertama kalinya.

Investasi bukan judi

Terlalu sering Anda mendengar, “to invest is to gamble”. Orang percaya berinvestasi sama dengan berjudi. Ini salah. Bahkan jika Anda mencari definisi di kamus, investasi dan perjudian sangat berbeda. Dengan investasi, Anda membuat keputusan logis dengan perhitungan yang dapat dipelajari untuk mendapatkan keuntungan potensial. Sedangkan berjudi artinya Anda memainkan permainan kebetulan. Investasi memang melibatkan risiko, tetapi ada perbedaan besar antara investasi cerdas dan perjudian.

Membeli "hot stock" tanpa melakukan penelitian yang signifikan, adalah perjudian. Dengan menyisihkan uang, membeli saham atau dana terbaik untuk tujuan Anda, dan membiarkannya bertahan lama, itulah investasi. Jika Anda suka meneliti saham dan melakukan perdagangan cepat untuk mencari keuntungan jangka pendek, itu menyenangkan.

Pilih platform Anda

Anda harus memilih platform untuk berinvestasi. Platform yang tersedia meliputi:

Broker saham online - ini adalah broker yang tersedia secara online. Anda biasanya dapat melakukan segalanya tanpa harus berbicara dengan seseorang. Broker online juga sering jauh lebih murah daripada broker tradisional—yang dapat Anda temui secara tatap muka di dunia nyata.

Robo-advisors - broker online seperti Betterment and Wealthfront menawarkan kemudahan menggunakan broker online. Robo-advisors semakin populer dan dapat mengurangi stres karena dapat mengetahui bagaimana cara berinvestasi, kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi, serta kapan harus bertemu dengan seseorang secara pribadi. Dengan Robo-advisors, Anda langsung melakukan diversifikasi dalam sejumlah besar saham dan obligasi, dan alokasi Anda akan menyesuaikan Anda secara otomatis berdasarkan tujuan Anda.

Penasihat keuangan - beberapa orang mungkin memilih untuk berinvestasi dengan penasihat keuangan karena mereka menginginkan interaksi tatap muka, saran profesional, dan tidak keberatan membayar premi untuk seseorang yang menangani uang mereka. Seringkali, orang dengan sejumlah besar uang untuk diinvestasikan, menyerahkannya ke penasihat keuangan sehingga mereka tidak perlu melakukan pekerjaan itu.

Aplikasi investasi - Anda mungkin menginginkan kemudahan dan otomasi lengkap, seperti tidak perlu berbicara dengan siapa pun secara langsung dan tidak harus duduk dalam hitungan untuk melakukan penelitian apapun. Dengan menggunakan aplikasi investasi seperti Stash, Anda dapat berinvestasi langsung dari ponsel pintar Anda.

Rekening reksa dana langsung - untuk menghindari membayar biaya agen broker, Anda sebenarnya bisa membeli reksa dana secara langsung dari perusahaan reksa dana. Memiliki reksa dana adalah keputusan investasi yang cerdas, namun dengan menghindari biaya tambahan adalah langkah uang yang bijak.

Asuransi unit link – berinvestasi sekaligus memperoleh perlindungan terhadap berbagai risiko kehidupan? Keduanya bisa Anda dapatkan dengan memiliki produk asuransi jenis unit link.

Faktor terpenting untuk menjadi investor sukses bukan dari saham dan dana yang Anda pilih. Investasi yang berhasil bergantung pada pilihan alokasi aset yang tepat dan bertahan dengan rencana investasi—dengan cara ini Anda dapat mengurangi risiko membuat keputusan yang emosional.


Produk terkait

Asuransi Brilliance Amanah (Syariah)

Asuransi Brilliance Amanah (Syariah)

Periode: 20 tahun
  • Potensi hasil investasi
  • Manfaat rawat inap
  • Kompensasi saat berhaji
Asuransi Brilliance Amanah (Syariah)
Asuransi Brilliance Fortune Plus

Asuransi Brilliance Fortune Plus

Periode: 88 tahun
  • Perlindungan optimal
  • Investasi optimal
Asuransi Brilliance Fortune Plus
Asuransi Brilliance Hasanah Fortune Plus (Syariah)

Asuransi Brilliance Hasanah Fortune Plus (Syariah)

Periode: 12 tahun
  • Santunan optimal
  • Investasi optimal
  • Surplus underwriting
Asuransi Brilliance Hasanah Fortune Plus (Syariah)

Hubungi perencana keuangan kami

*Wajib diisi

    Apakah Anda


    Bagaimana kami dapat menghubungi Anda?