19 Desember, 2018

Sun Life Financial akan Mengakuisisi Sebagian Besar Saham di Bentall GreenOak

TORONTO, ON – (19 Desember 2018) — Sun Life Financial Inc. (“Sun Life Financial”)  (TSX: SLF) (NYSE: SLF) hari ini mengumumkan niatannya untuk menggabungkan Bentall Kennedy, firma manajemen real estate dan properti terkemuka di Amerika Utara yang diakuisisi oleh Sun Life Financial pada 2015, dengan GreenOak Real Estate (“GreenOak”), sebuah firma investasi real estate global yang memiliki aset sekitar $14 miliar (US$11 miliar) di bawah manajemen dan sembilan kantor di seluruh dunia. Sun Life Financial akan mengakuisisi sebagian besar saham dalam entitas gabungan Bentall Kennedy dan GreenOak yang akan dinamai Bentall GreenOak dan menjadi bagian dari Sun Life Investment Management. Manajemen senior Bentall GreenOak akan meliputi para eksekutif dari Bentall Kennedy dan GreenOak.

“Transaksi ini tepat sesuai strategi, memperluas pilar manajemen aset kami dengan mengembangkan kemampuan manajer alternatif kami, Sun Life Investment Management,” ujar Dean Connor, President dan CEO, Sun Life Financial.  “Menggabungkan keunggulan dari dua pengelola investasi real estate terkemuka yang disegani di seluruh dunia akan memberi Klien cakupan solusi investasi yang lebih luas, yang meliputi real estate inti, inti plus, dan bernilai tambah1, serta strategi utang real estate senior dan taktis di seluruh Amerika Utara, Eropa, dan Asia.”

Sun Life Financial akan menyalurkan sahamnya di Bentall Kennedy dan membayarkan $195 juta (US$146 juta) secara tunai kepada para pemegang saham GreenOak untuk ditukarkan dengan 56% saham dalam entitas gabungan Bentall GreenOak, dengan para pemegang saham GreenOak tetap menjadi pemilik saham yang tersisa.  Sebagai bagian dari transaksi, Sun Life akan memiliki opsi untuk mengakuisisi saham yang tersisa di Bentall GreenOak sekitar tujuh tahun sejak penutupan.  Sun Life Financial juga berhak atas sebagian dari saham yang dimiliki oleh pemegang saham GreenOak atas pendapatan bersih Bentall GreenOak untuk ditukarkan dengan jumlah tetap yang akan dibayarkan melalui angsuran per kuartal.  Ini akan membuat Sun Life Financial berhak atas sekitar 90% dari pendapatan Bentall GreenOak sebelum Perusahaan menjalankan haknya untuk meningkatkan tingkat kepemilikannya.

“Menggabungkan Bentall Kennedy dengan GreenOak akan memperluas kemampuan kami dalam solusi investasi real estate, dengan cara yang saling melengkapi dan akan meningkatkan total aset Sun Life Investment Management di bawah manajemen hingga hampir $75 miliar,” ujar Steve Peacher, President, Sun Life Investment Management. “Menyatukan dua tim yang sama-sama memiliki pengalaman luas ini akan memberikan banyak strategi dan jangkauan pasar yang akan secara unik memposisikan Bentall GreenOak untuk melayani Kliennya."

Ekuitas pemegang saham umum Sun Life Financial akan dikurangi hingga sekitar $730 juta saat transaksi ditutup, sejak penetapan liabilitas yang mencerminkan nilai saat ini dari harga penyelesaian yang diharapkan pada pembelian saham Bentall GreenOak yang tersisa2. Harga penyelesaian akhir akan mencerminkan kesuksesan entitas gabungan Bentall GreenOak. 

Transaksi diharapkan lebih menguntungkan daripada laba per saham dan laba modal sendiri pokok pada tahun 2019 sebesar masing-masing $0,04 dan 60 bps3. Transaksi akan dibayarkan melalui kelebihan tunai, yang menghasilkan pengurangan satu poin dalam rasio Uji Kecukupan Modal Asuransi Jiwa (LICAT) Sun Life Financial (tidak berdampak pada rasio LICAT Sun Life Assurance Company of Canada).  Transaksi diharapkan akan ditutup pada kuartal pertama 2019, tunduk pada persetujuan regulasi dan pemenuhan persyaratan penutupan umum.

Berkshire Global Advisors bertindak sebagai penasihat keuangan dan Weil, Gotshal & Manges LLP sebagai penasihat hukum Sun Life. 

Slide yang terkait dengan pengumuman ini dapat dilihat di www.sunlife.com

Catatan untuk Editor: Semua angka dalam dolar Kanada kecuali dinyatakan sebaliknya.

Informasi berwawasan ke depan

Dalam edaran pers ini, “Perusahaan” dan "kami" mengacu kepada Sun Life Financial Inc. serta anak perusahaan dan usaha bersamanya. Pernyataan tertentu dalam edaran pers ini bersifat berwawasan ke depan, termasuk namun tidak terbatas pada, pernyataan yang berkaitan dengan: (i) strategi pertumbuhan dan tujuan strategis kami, (ii) waktu penutupan transaksi yang diharapkan, (iii) sumber pendanaan yang diharapkan, (iv) peningkatan aset yang diharapkan dalam manajemen Sun Life Investment Management; (v) dampak transaksi yang diharapkan pada laba per saham dan laba modal sendiri pokok, ekuitas pemegang saham, dan rasio LICAT, serta (vi) pernyataan lain yang tidak bersifat historis atau prediktif atau yang bergantung pada atau merujuk peristiwa atau kondisi masa depan. Pernyataan berwawasan ke depan juga dapat meliputi kata-kata seperti "tujuan", "antisipasi", "asumsi", "percaya", "dapat", "perkiraan", "mengharapkan", "sasaran", "maksud", "mungkin", "tujuan", "prospek", "rencana", "proyek", "ingin", "seharusnya", "inisiatif", "strategi", "berupaya", "target", "akan", dan istilah-istilah serupa. Semua pernyataan berwawasan ke depan tersebut dibuat sesuai dengan ketentuan "safe harbour" dari undang-undang sekuritas yang berlaku di Kanada, dan Undang-Undang Reformasi Litigasi Sekuritas Swasta Amerika Serikat 1995.

Pernyataan berwawasan ke depan dalam edaran pers ini mewakili ekspektasi saat ini, perkiraan, dan proyeksi mengenai peristiwa di masa depan dan bukan merupakan fakta historis. Pernyataan berwawasan ke depan ini bukan jaminan atas kinerja di masa depan dan mencakup risiko serta ketidakpastian, dan didasarkan pada sejumlah faktor dan asumsi penting yang sulit diprediksi, termasuk asumsi bahwa transaksi, termasuk termin transaksi akan disetujui dan diselesaikan dengan termin yang dapat diterima kedua belah pihak, atau sama sekali, dan asumsi bahwa Bentall Kennedy dan GreenOak akan berhasil diintegrasi. Pernyataan berwawasan ke depan ini tidak mencerminkan potensi dampak dari item tak berulang atau item khusus lainnya atau disposisi, merger, akuisisi, kombinasi bisnis lainnya, atau transaksi lain yang dapat diumumkan atau yang mungkin terjadi setelah 19 Desember 2018.  Jika item tak berulang atau item khusus lainnya atau transaksi apa pun terjadi, dampak keuangan dapat menjadi kompleks dan efeknya pada operasi atau hasil kami akan bergantung pada fakta, khususnya untuk item tersebut dan kami tidak dapat menjelaskan dampak yang diharapkan dalam cara yang bermanfaat atau dengan cara yang sama kami dapat menghadirkan risiko yang diketahui memengaruhi bisnis.  Pernyataan berwawasan ke depan yang terkandung dalam presentasi ini menguraikan ekspektasi, perkiraan, dan proyeksi acara mendatang kami pada 19 Desember 2018. Kecuali jika mungkin diharuskan oleh undang-undang sekuritas Kanada, kami tidak berkewajiban untuk memperbarui atau merevisi pernyataan berwawasan ke depan yang terkandung dalam edaran pers ini.

Pernyataan berwawasan ke depan disajikan untuk membantu para investor dan pihak lain memahami posisi keuangan yang kami harapkan dan hasil operasi per tanggal edaran pers ini, serta tujuan untuk transaksi, prioritas strategis, dan prospek bisnis setelah transaksi, serta mendapatkan pemahaman yang lebih baik terhadap lingkungan operasional yang diantisipasi setelah transaksi. Pembaca diperingatkan bahwa pernyataan berwawasan ke depan ini mungkin tidak sesuai untuk tujuan lainnya dan untuk tidak mengandalkan sepenuhnya pernyataan berwawasan ke depan ini.

Berikut ini adalah faktor risiko transaksional yang dapat berdampak merugikan secara materi pada pernyataan berwawasan ke depan kami: (1) kemampuan para pihak untuk menyelesaikan transaksi; (2) kegagalan para pihak untuk memperoleh izin dan persetujuan yang diperlukan atau untuk memenuhi ketentuan penyelesaian transaksi secara tepat waktu, atau sama sekali; (3) kemampuan kami untuk mencapai keuntungan keuangan dan strategis dari transaksi; (4) kegagalan untuk secara efektif atau efisien merombak operasi Bentall Kennedy dan GreenOak setelah transaksi ditutup; dan (5) dampak dari pengumuman transaksi dan dedikasi sumber daya Sun Life Financial untuk menyelesaikan transaksi di Bentall Kennedy dan GreenOak. Semua risiko ini dapat berdampak pada hubungan bisnis kami (termasuk dengan calon karyawan, Klien, distributor, dan mitra di masa depan) dan dapat berdampak buruk secara materi terhadap operasi, kondisi keuangan, dan prospek kami saat ini dan di masa mendatang. Faktor risiko penting lainnya yang dapat menyebabkan hasil sebenarnya berbeda secara materi dari yang disebutkan atau tersirat dalam pernyataan berwawasan ke depan ini tercantum dalam formulir informasi tahunan Sun Life Financial Inc. untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2017 dengan judul "Faktor Risiko" dan pengajuan regulasi lainnya yang dikirimkan atau diberikan kepada regulator sekuritas Kanada maupun A.S. dapat dilihat di www.sedar.com dan www.sec.gov.

Tentang Sun Life Financial

Sun Life Financial adalah sebuah organisasi jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan solusi asuransi, manajemen kekayaan dan aset kepada Klien perorangan maupun perusahaan. Sun Life Financial beroperasi di beberapa pasar di seluruh dunia, termasuk Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Tiongkok, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Bermuda. Per 30 September 2018, Sun Life Financial memiliki total aset di bawah manajemen sebesar $984 miliar. Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi www.sunlife.com.

Sun Life Financial Inc. diperdagangkan di bursa efek Toronto (TSX), New York (NYSE), dan Filipina (PSE) di bawah simbol saham SLF.

Tentang Sun Life Investment Management

Sun Life Investment Management terdiri dari Sun Life Institutional Investments (Canada) Inc. dan Bentall Kennedy (Canada) Limited Partnership di Kanada, serta Prime Advisors Inc., Ryan Labs Asset Management, dan Bentall Kennedy (U.S.) Limited Partnership di Amerika Serikat.

Operasional ini memiliki gabungan aset pihak ketiga di bawah manajemen sebesar $61 miliar per 30 September 2018. Sun Life Investment Management didukung oleh divisi investasi Sun Life Assurance Company of Canada yang mengelola $146 miliar dalam aset di bawah manajemen untuk grup perusahaan Sun Life Financial per 30 September 2018.

1Strategi nilai tambah dan inti plus umumnya melibatkan properti yang memiliki arus kas positif, tetapi berpotensi untuk meningkatkan arus kas tersebut seiring waktu dengan membuat peningkatan pada, atau mengubah posisi properti.
2Transaksi mencakup opsi penjualan yang diberikan kepada pemilik minoritas Bentall GreenOak untuk menjual 44% saham mereka kepada Sun Life sekitar 8,5 tahun sejak penutupan transaksi.
3Jumlah pertambahan mewakili estimasi dampak setahun penuh. Pertambahan sebenarnya akan tergantung pada sejumlah faktor, termasuk waktu penutupan transaksi yang diantisipasi.