Siaran pers

April 24, 2018

Sun Life Financial Indonesia Gandeng TCASH Pasarkan Asuransi Mikro

Kerja sama strategis Telco Insurance guna menjangkau masyarakat lebih luas melalui layanan teknologi finansial (tekfin) uang elektronik


JAKARTA – April 24, 2018 – PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) - perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional asal Kanada, hari ini meluncurkan layanan telco insurance bekerja sama dengan TCASH sebagai uang elektronik milik Telkomsel untuk menjawab kebutuhan nasabah dari berbagai kalangan. Melalui kerja sama strategis ini, Sun Life dan TCASH menghadirkan perlindungan asuransi, yakni Proteksi Mikro Aktif, Proteksi Mikro Siaga dan Proteksi Mikro DBD.

Elin Waty, President Director of Sun Life mengatakan, “Kemitraan Sun Life dengan TCASH milik Telkomsel menjadi solusi untuk menjangkau masyarakat lebih luas, lebih cepat, lebih murah dan mudah tepat disaat peningkatan tajam terjadi pada transaksi keuangan berbasis digital1. Sun Life menyadari bahwa perubahan perilaku transaksi dalam masyarakat yang bergeser ke arah digital lajunya kian cepat, karenanya kami bergerak menentukan tindakan tepat dalam melakukan penetrasi ke seluruh masyarakat Indonesia. Langkah ini sekaligus menjadi bagian komitmen Sun Life Financial Indonesia dalam mengembangkan jalur distribusi kemitraan baru dan upaya digitalisasi dalam berikan akses perlindungan pada seluruh lapisan masyarakat."

Dengan jumlah pengguna ponsel di Indonesia yang mencapai 371,4 juta atau melebihi total populasi sebanyak 262 juta jiwa2, langkah peluncuran telco insurance diharapkan menjadi solusi yang tepat dan mudah untuk membuka akses yang luas bagi masyarakat untuk melakukan transaksi asuransi. Oleh karena itu, layanan ini menjadi sebuah bentuk dukungan Sun Life dan TCASH dalam membantu masyarakat Indonesia mencapai kemapanan finansial dan hidup yang lebih sehat, serta meningkatkan penetrasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

TCASH sendiri merupakan layanan uang elektronik dari Telkomsel, operator seluler terbesar di Indonesia dengan lebih dari 196 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Dengan dukungan jaringan yang luas, kini TCASH telah memiliki lebih dari 20 juta pelanggan di 34 provinsi, menjadikannya sebagai uang elektronik terdepan yang mampu menjangkau masyarakat dari berbagai kalangan, baik di wilayah perkotaan, maupun di area rural yang belum tersentuh layanan perbankan.

Danu Wicaksana, CEO TCASH mengatakan, “TCASH menyambut baik kerja sama strategis dengan Sun Life untuk menghadirkan asuransi melalui ponsel dan melengkapi layanan menyeluruh yang diberikan TCASH bagi pelanggan kami. Dengan dukungan kombinasi jaringan luas yang kami miliki dan pengalaman panjang Sun Life sebagai penyedia jasa keuangan, kami percaya layanan telco insurance ini dapat diterima dengan baik dan menjadi pilihan produk perlindungan masyarakat di Indonesia.”

Danu menambahkan bahwa layanan asuransi Sun Life dapat diperoleh pelanggan TCASH melalui kode akses User Menu Browser (UMB), yang penggunaannya sangat mudah dan banyak dipakai karena bisa diakses dari jenis ponsel apapun. “Dengan begitu, layanan ini juga membuka akses bagi pelanggan di unbanked segment untuk turut mendapatkan perlindungan asuransi berkualitas dengan aman,” tegas Danu.

Kerjasama ini akan memanfaatkan metode analisa dan pengolahan data (data analytics) untuk menentukan perlindungan yang paling sesuai dengan profil dan kebutuhan nasabah. Layanan asuransi ini bisa didapatkan oleh seluruh pelanggan TCASH yang merupakan pengguna Telkomsel serta telah berusia 18 hingga 60 tahun, melalui tahapan yang cukup mudah.

Pelanggan cukup mengakses kode User Menu Browser (UMB), melalui *800*7534*1# untuk produk Proteksi Mikro Aktif; *800*7534*2# untuk produk Proteksi Mikro Siaga; dan *800*7534*3# untuk produk Proteksi Mikro DBD. Untuk memastikan keamanan data pelanggan, pelanggan cukup membayar premi satu kali dengan menggunakan PIN TCASH sebagai konfirmasi pembelian. Selanjutnya, polis asuransi akan dikirimkan secara digital.

Solusi asuransi Proteksi Mikro Aktif, ditujukan untuk melindungi nasabah yang mengalami kecelakaan dan dirawat inap di rumah sakit minimal 24 jam. Proteksi ini memungkinkan nasabah dapat menerima uang santunan sebesar Rp1.500.000,- hingga Rp2.500.000. Proteksi Mikro Siaga memberikan manfaat 100% uang pertanggungan bila nasabah meninggal dunia karena kecelakaan. Jumlah uang pertanggungan yang dapat diterima nasabah sebesar Rp30.000.000 hingga mencapai Rp50.000.000. Sementara asuransi Proteksi Mikro DBD memberikan manfaat dana tunai jika nasabah dirawat inap setidaknya 24 jam di rumah sakit karena demam berdarah dengue. Proteksi Mikro DBD memberikan uang pertanggungan kepada nasabah sebesar Rp2.000.000 hingga Rp4.000.000. Ketiganya akan melindungi pelanggan selama 30 hari sampai dengan 90 hari semenjak tanggal pendaftaran.

Kemudahan dalam memberikan akses asuransi melalui kerja sama telco insurance telah dijalankan oleh Sun Life Financial di beberapa pasar. Di lingkup Asia seperti Malaysia dan Filipina, Sun Life Financial Co. telah mengembangkan jalur distribusi ini, sementara Indonesia baru mulai dijalankan sejak Maret 2018. Upaya ini menjadi bentuk dukungan kepada OJK yang mendorong stakeholder terus bekerja sama tingkatkan penetrasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Kerja sama strategis telco insurance ini turut pula melengkapi layanan dan kegunaan menyeluruh yang dihadirkan bagi pelanggan TCASH, sejalan dengan komitmen perusahaan mendukung pencapaian target inklusi keuangan hingga 75% pada 2019, sesuai visi pemerintah3. Hadirnya layanan telco insurance jadi solusi kemudahan akses bagi pelanggan TCASH di pelosok Indonesia untuk dapatkan perlindungan berkualitas Sun Life kapanpun, dimanapun serta melalui ponsel apapun.

“Solusi yang dihadirkan Sun Life melalui kerjasama dengan TCASH diharapkan dapat memberikan edukasi dan mendukung pemahaman akan asuransi sebagai kebutuhan. Akses yang mudah, cepat, dan murah semoga dapat mendorong masyarakat untuk mempertimbangkan asuransi sebagai solusi proteksi diri yang bisa segera didapatkan dalam genggaman,” tutup Elin.
 

--- 00 ---


1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/03/02/pergeseran-minat-nasabah-akan-transaksi-keuangan-perbankan
2. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/05/03/siapa-operator-seluler-yang-mempunyai-pelanggan-terbanyak
3. https://kominfo.go.id/content/detail/12328/inklusi-keuangan-sudah-63-persen-ojk-terbantu-ekspansi-layananinternet/0/sorotan_media
 

Data Literasi Keuangan Indonesia 
Rendahnya indeks literasi keuangan masih menjadi tantangan terbesar bagi industri asuransi jiwa. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada 2016 menunjukkan masyarakat Indonesia yang memiliki tingkat literasi ‘baik’ terhadap industri asuransi relatif rendah. Indeks literasi asuransi hanya mencapai 15,76%, turun dari survei pada 2013 yaitu 17,84%. Sementara itu, tingkat utilitas mencapai 12,08%, tidak berubah jauh dari survei 2013 di angka 11,81%. Artinya, dari 100 orang Indonesia hanya 15 sampai 16 orang yang mengenal lembaga jasa keuangan asuransi dan hanya 12 orang yang sudah menggunakan jasa asuransi.


Tentang Sun Life Financial Indonesia
Sun Life Financial Indonesia merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sun Life Financial. Kami menawarkan berbagai perlindungan dan pengelolaan produk yang variatif, dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan rencana pensiun. Sun Life bermitra institusi keuangan terkemuka, baik nasional maupun internasional, untuk melayani strategi multi-distribution channels dan menyediakan akses yang lebih luas untuk solusi asuransi kami.

Sun Life Financial Indonesia telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi pada tahun 2016 termasuk:

1. Meraih predikat “Sangat Bagus” untuk produk Unit Link dari Majalah Infobank dalam “Infobank Unit Linked Awards 2016”. Penghargaan ini diberikan kepada Sun Life Financial Indonesia untuk produk unit link berikut:

  • Salam Balanced Fund untuk kategori Campuran unit link lima tahun
  • Salam Balanced Fund untuk kategori Campuran unit link tiga tahun
  • Brilliance Xtra Progressive untuk kategori Campuran unit link tiga tahun
  • Brilliance Xtra Progressive untuk kategori Campuran unit link satu tahun
  • Maxi Fund 1 untuk kategori Saham unit link satu tahun

2. ”Excellent Service Experience Award 2016” dari Carre CCSL (Center for Customer Solutions & Loyalty)
3. Meraih predikat “Excellent” untuk penghargaan Call Centres untuk kategori Industri Asuransi Kesehatan dan Jiwa dari CARRE Center for Customer Satisfaction & Loyalty Company dalam penghargaan “Contact Centre Service Excellent 2016”.
4. “Bronze Award” dalam ajang bergengsi The 8th Annual Global CSR Awards 2016 untuk kategori “Excellence in Provision of Literacy & Education Award untuk Perusahaan dengan Kapitalisasi Pasar Kurang dari USD1 Miliar”.
5. Meraih predikat “Sangat Bagus” untuk kategori perusahaan asuransi jiwa dengan premi lebih dari Rp 1 triliun
dari majalah Infobank.
6. PR of the Year 2016 untuk kategori Social PR Program dan Marketing Program dari majalah Marketing Mix
7. Penghargaan CSR untuk kategori kesehatan dan pendidikan dari koran Sindo
8. Meraih predikat “Best Takaful Company Indonesia 2017” dari Global Business Outlook Award.
9. Meraih predikat “Best Family Takaful Provider Indonesia 2017” dari Global Banking dan Finance Review
Awards.
10. Meraih HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2017. Para juri HR Asia Best Companies to Work for in Asia Awards terdiri dari para pakar industri, akademisi, jurnalis, dan perwakilan pemerintah.
11. Meraih Excellent Service Experience Award 2017 untuk kategori Insurance Life and Health Dari Majalah Service Excellence
12. Predikat Bintang Lima atas kinerja Unit Link jenis Campuran tahun 2012-2016 untuk Salam Balanced Fund dalam Unit Link Awards 2017 dari Majalah Infobank


Tentang Sun Life Financial
Sun Life Financial merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk asuransi, serta solusi pengelolaan kekayaan dan aset, baik untuk individu maupun korporasi. Sun Life Financial telah beroperasi di sejumlah pasar utama di seluruh dunia, yaitu Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Cina, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Bermuda. Per 30 Juni 2017, Sun Life Financial memiliki total aset kelolaan sebesar CDN 944 miliar. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.sunlife.com.


Sun Life Financial Inc. diperdagangkan di bursa saham Toronto (TSX), New York (NYSE), dan Filipina (PSE), dengan kode saham SLF.


Tentang TCASH (tcash.telkomsel.com)
TCASH merupakan produk mobile financial services dari Telkomsel, operator seluler terbesar di Indonesia dengan lebih dari 196 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Diperkenalkan kembali sejak tahun 2015, TCASH memiliki visi untuk menjadi electronic money terbesar dan terpercaya bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali. TCASH secara konsisten berinovasi, guna menawarkan beragam layanan finansial via mobile, termasuk memperkenalkan TCASH Sticker Tap dengan teknologi near-field communication (NFC) dan TCASH Wallet dengan fitur QR Code untuk mempermudah penyertaan teknologi digital finansial dalam kehidupan sehari-hari.


Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Shierly Ge
Chief Marketing Officer
Sun Life Financial Indonesia
Tel: +6221-5289-0000
Faks: +6221 5289-0019
E-mail: shierly.ge@sunlife.com


TCASH:
Dinda Sarasannisa F.
Head of Corporate Communication TCASH
Mobile: +628111 603 465
Email: Dinda_s_fatimah@telkomsel.co.id