06 Agustus, 2018

Fasilitasi Penyaluran Wakaf, Sun Life Financial Indonesia Hadirkan Nilai Ibadah pada Produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima

  •  Potensi wakaf di Indonesia mencapai Rp180 triliun. Namun pada 2017, baru terhimpun sebesar Rp400 miliar
  •  Sun Life bekerja sama dengan lembaga pengelola aset wakaf (nazhir) terpercaya yaitu Badan Wakaf Indonesia, Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf, dan 174 lembaga yang terdaftar di Badan Wakaf Indonesia (BWI)
  •  Produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima (ABHM) dari Sun Life didukung agen berdedikasi dan tersertifikasi wakaf, yang dikeluarkan oleh Sun Life bekerja sama dengan DSN Institute dan Badan Wakaf Indonesia


JAKARTA, 6 Agustus 2018 – Setelah meluncurkan wakaf manfaat asuransi untuk produk asuransi syariahnya di tahun lalu, hari ini PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) memosisikan ulang produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima dengan menambahkan fasilitas baru yaitu wakaf berkala. Inovasi yang dihadirkan pada produk yang dilengkapi manfaat wakaf ini, memungkinkan nasabah untuk merencanakan keuangan masa depan sekaligus beribadah wakaf di saat yang bersamaan dengan pasti, kini, dan nanti.

Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life menyampaikan, “Beragam fasilitas yang kami hadirkan melalui produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima, merupakan bukti komitmen kami dalam memberikan layanan dan produk asuransi berbasis syariah yang lengkap, serta membantu masyarakat dalam menjalankan ibadah wakaf secara berkala. Produk ini diharapkan dapat menjadi sarana penggalangan dana (fund raising) melalui fitur wakaf berkala yang menyalurkan dana wakaf sejak pembayaran premi pertama. Selain mengandung nilai kebaikan, dana wakaf juga memberikan kontribusi bagi pembangunan negara”.

Dalam mengelola penyaluran dana wakaf yang diterima, Sun Life bekerjasama dengan lembaga pengelola aset wakaf (nazhir) terpercaya yaitu Badan Wakaf Indonesia, Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf, dan 174 lembaga yang terdaftar di Badan Wakaf Indonesia (BWI). Sebagai salah satu mitra pengelola wakaf terpercaya, Dompet Dhuafa menyambut baik amanah serta kerja sama yang terjalin dengan Sun Life. “Dalam mengoptimalkan potensi serta menyalurkan dana wakaf untuk kesejahteraan umat, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak termasuk lembaga pengelola keuangan berbasis syariah. Dana yang terhimpun, kemudian akan disalurkan oleh nazhir ke berbagai sektor sosial yang membutuhkan, mulai dari pendidikan, ekonomi, hingga kesehatan. Di bidang kesehatan misalnya. Saat ini Dompet Dhuafa memiliki jaringan rumah sakit berbasis wakaf di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Rumah Sakit Dhuafa AK Medika Sribhawono di Lampung Timur,” ujar Yuniarko, Direktur Mobilisasi Wakaf Dompet Dhuafa.

Ditinjau dari potensinya, Badan Wakaf Indonesia (BWI) memperhitungkan potensi wakaf di Indonesia mencapai angka Rp180 triliun. Namun pada 2017, total penghimpunan dana wakaf baru mencapai Rp400 miliar. Padahal, jika dikumpulkan dan dikelola dengan baik, objek wakaf dapat dimanfaatkan sebagai investasi strategis dalam upaya menghapuskan kemiskinan dan menangani ketertinggalan di bidang ekonomi, pendidikan, hingga kesehatan. Pemahaman masyarakat yang menganggap bahwa objek wakaf hanya terbatas pada tanah atau bangunan (wakaf tidak bergerak), ditengarai menjadi salah satu alasan yang menyebabkan potensi wakaf belum optimal.Kehadiran manfaat wakaf pada produk asuransi syariah dari Sun Life, khususnya produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima memfasilitasi masyarakat untuk tidak lagi menunda melakukan ibadah wakaf. “Sun Life percaya bahwa asuransi syariah dengan nilai-nilai keutamaannya menawarkan manfaat yang besar bagi masyarakat luas. Melalui produk ini, kami ingin mengedukasi sekaligus membantu masyarakat agar dapat melaksanakan ibadah wakaf dengan pasti, kini dan nanti. Lebih pasti dengan tanpa potongan (100% langsung disalurkan) dan dukungan mitra nazhir terpercaya; dapat dilakukan sedini mungkin dengan dana wakaf yang langsung disalurkan sejak pembayaran kontribusi yang pertama dan untuk selanjutnya sesuai frekuensi pembayaran kontribusi yang dipilih nasabah; serta membantu melaksanakan wasiat berwakaf atas manfaat asuransi dan investasi ketika nasabah meninggal dunia. Kini, tidak ada lagi alasan untuk menunda berwakaf, karena #LebihBaik Sekarang,” jelas Norman Nugraha, Chief Agency Officer Syariah Sun Life.

Gagasan Sun Life dalam memberikan fitur wakaf bagi pemegang polis syariah juga memperoleh dukungan DSN-MUI. Melalui manfaat yang berlaku untuk semua produk asuransi syariah ini, peserta asuransi kini dapat mewakafkan manfaat asuransinya hingga 45% dari santunan asuransi dan 30% dari manfaat investasi dari polisnya. Adanya batasan maksimal tersebut sesuai dengan fatwa DSN-MUI. Berdasarkan fatwa tersebut, manfaat investasi harus tetap dapat dinikmati oleh ahli waris.

“Menegaskan posisi kami sebagai perusahaan asuransi jiwa yang fokus pada kemajuan industri syariah, dalam memasarkan produk syariahnya, Sun Life juga didukung oleh tenaga pemasar yang berdedikasi dan tersertifikasi wakaf secara resmi oleh Sun Life, bekerjasama dengan DSN Institute dan Badan Wakaf Indonesia. Selain memiliki pemahaman mendalam terkait produk, tenaga pemasar kami juga dibekali dengan wawasan terkait jenis wakaf dan peruntukannya. Dengan edukasi yang baik, serta didukung fasilitas yang mumpuni, kami berharap kehadiran fitur wakaf pada produk syariah kami dapat memberi keberkahan bukan hanya bagi nasabah sekaligus pewakif, tapi juga penerima manfaat wakaf, serta membantu meningkatkan kesejahteraan bangsa,” tutup Elin.


--- 00 ---

 Tentang Sun Life Financial Indonesia

Sun Life Financial Indonesia merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sun Life Financial. Kami menawarkan berbagai perlindungan dan pengelolaan produk yang variatif, dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan rencana pensiun. Sun Life bermitra institusi keuangan terkemuka, baik nasional maupun internasional, untuk melayani strategi multi-distribution channels dan menyediakan akses yang lebih luas untuk solusi asuransi kami.

Sun Life Financial Indonesia telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi pada tahun 2017 diantaranya:

1. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan Best Takaful Family Provider Indonesia 2017dalam acara Global Banking & Finance Awards 2017 yang diselenggarakan oleh Global Business Outlook
2. PT Sun Life Financial Indonesia dianugerahi penghargaan Excellent Service Experience Award (ESEA) 2017 untuk kategori Life & Health Insurance yang diselenggarakan oleh Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (“Carre CCSL”) dan Majalah Service Excellence.
3. PT Sun Life Financial Indonesia menerima penghargaan Predikat Bintang Lima atas Kinerja Unit Link Jenis Campuran tahun 2012 – 2016 untuk Salam Balanced Fund dalam Unit Link Awards 2017 dari Majalah Infobank
4. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan HR Asia Best Company to Work For in Asia 2017 Awards dari HR Asia Media International.
5. PT Sun Life Financial Indonesia menerima penghargaan Indonesia Most Admired Company – Special Mention Life Insurance dari Majalah Warta Ekonomi.
6. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan HRD Employer of Choice as the Top Performer award dalam kategori Learning & Development.
7. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan Best Financial Performance Life Insurance Company untuk kategori Assets between IDR 6-10 trillion dalam Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2017 dari Majalah Warta Ekonomi.
8. PT Sun Life Financial Indonesia menerima penghargaan Best e-Mark Award 2017 sebagai The 1st winner Category Life Insurance Company in Indonesia from SWA Magazine.
9. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan Special Mention sebagai The Innovative CEO in Insurance Sector dalam Most Admired CEO 2017 dari Majalah Warta Ekonomi.
10. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan The Most Popular Company – Category Life Insurance dari Majalah Warta Ekonomi
11. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan The Most Informative Insurance Company Campaign dari Majalah Warta Ekonomi


Tentang Sun Life Financial
Sun Life Financial merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk asuransi, serta solusi pengelolaan kekayaan dan aset, baik untuk individu maupun korporasi. Sun Life Financial telah beroperasi di sejumlah pasar utama di seluruh dunia, yaitu Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Cina, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Bermuda. Per 31 Maret 2018, Sun Life Financial memiliki total aset kelolaan sebesar CDN 979 miliar. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.sunlife.com.

Sun Life Financial Inc. diperdagangkan di bursa saham Toronto (TSX), New York (NYSE), dan Filipina (PSE), dengan kode saham SLF.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Shierly Ge
Chief Marketing Officer
Sun Life Financial Indonesia
Tel: +6221-5289-0000
Faks: +6221 5289-0019
E-mail: shierly.ge@sunlife.com


Tentang Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF Dompet Dhuafa yang berdiri sejak 2 Juli 1993 akan terus mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem yang berkeadilan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Dompet Dhuafa Republika
Philanthropy Building
Jl. Warung Jati Barat No.14
Jakarta Selatan 12540, Indonesia
Ph : +62 21 7821292
Fax : +62 21 7821333